Mohon tunggu...
Media Trawlbens
Media Trawlbens Mohon Tunggu... Trawlbens adalah jasa pengiriman barang atau aplikasi cargo pertama di Indonesia
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Trawlbens adalah start-up cargo pertama di dunia yang berkomitmen untuk memudahkan Anda untuk mengirim barang dengan murah dan aman. Kami juga ingin memberikan peluang kepada Anda untuk meraih kesuksesan dengan menjadi Mitra TrawlBens.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

5 Tips Cari Kos di Kota Rantai, Simak Selengkapnya!

15 Juni 2021   16:27 Diperbarui: 15 Juni 2021   16:32 35 0 0 Mohon Tunggu...

Masa penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai, dan pengumuman tes yang telah dijalani oleh siswa di seluruh Indonesia juga sudah mulai dirilis. Tentu saja, hal ini identik dengan kehidupan kos yang akan segera dihadapi oleh calon mahasiswa. Mulai dari persiapan mental, barang-barang yang diperlukan, hingga kamar atau rumah kos, semua wajib dipersiapkan sedini mungkin. Untuk yang terakhir disebutkan, ada baiknya Anda menyimak tips cari kos di artikel ini.

Kenyamanan kamar atau rumah kos menjadi hal signifikan dalam mendukung kehidupan perkuliahan. Praktis, kamar kos yang disewa akan jadi tempat beristirahat dan melakukan aktivitas rutin lain. Maka dari itu, dalam memilih tempat kos juga sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal penting.

Nah, berikut ini tips cari kos yang sudah dihimpun dari pengalaman banyak orang, simak selengkapnya!

Harga Kamar Kos

Mungkin yang paling mendasar, adalah perihal harga. Pastikan untuk menentukan terlebih dahulu harga yang akan Anda gunakan sebagai patokan. Katakanlah Anda memiliki budget bulanan untuk kamar kos ini sebesar Rp.2.000.000, maka carilah kamar kos dengan harga sedikit di bawah angka tersebut. Bukan untuk mengurangi harga dan standar kos, namun siapa tahu Anda bisa mendapatkan kos dengan nilai tersebut di harga yang jauh lebih rendah.

Harga kamar kos juga akan jadi landasan utama pengeluaran bulanan yang dilakukan, sehingga secara langsung akan berpengaruh pada 'anggaran belanja' yang Anda miliki. Jadi, cermati benar harga kos yang akan Anda sewa ya!

Spesifikasi Kamar

Mulai dari ukuran kamar, pencahayaan, keberadaan jendela yang menghadap keluar dan ventilasi, keberadaan kamar mandi, hingga perabotan yang mungkin tersedia satu paket dari sewa kos, semua harus dipastikan untuk dapat mengukur total nilai dari kos yang Anda inginkan.

Kami sarankan, untuk menghemat budget, carilah kos yang sudah memiliki fasilitas lengkap. Ibaratnya, Anda hanya perlu masuk dengan membawa pakaian dan kendaraan saja. Mungkin harga sewanya setiap bulan akan sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasakan kemudahan ketika masuk ke kos-kosan tersebut, dan nantinya ketika Anda ingin pindah atau pulang ke kampung halaman. Praktis, barang bawaan Anda akan jauh lebih sedikit karena Anda tak perlu lagi membeli barang-barang kebutuhan kos.

Jaraknya dengan Kampus

Idealnya, semakin dekat jarak kos denga kampus maka harganya akan semakin mahal. Nah, namun masih ada saja kos yang menyediakan harga terjangkau jika Anda cermat. Meski harus dibayar dengan fasilitas yang tentu tak sebanding, namun hal ini bisa juga jadi pertimbangan.

Tips cari kos yang ketiga ini sebenarnya untuk memudahkan mobilitas Anda dari kos ke kampus, sehingga mungkin Anda tak memerlukan kendaraan bermotor atau angkutan umum. Tinggal berjalan saja menuju kampus, selain sehat Anda juga akan menikmati hematnya biaya transportasi untuk perjalan ke dan dari kampus.

Parkir untuk Kendaraan yang Dibawa

Nah, untuk Anda yang memutuskan untuk mengirimkan kendaraan dengan jasa cargo atau pengiriman motor dan mobil, pastikan juga ada fasilitas atau ruang parkir. Di kota rantau, akan sangat lebih baik jika terdapat area parkir yang berada di dalam lingkup kos-kosan. Selain lebih aman, hal ini juga memudahkan akses ketika akan keluar dan masuk.

Faktor parkir untuk kendaraan ini terkadang tidak dipikirkan, dan menjadi masalah di kemudian hari ketika kendaraan Anda datang dari kota asal. Peletakan kendaraan yang tidak berada di area kos bisa meningkatkan resiko keamanan dan juga bisa memicu potensi gangguan pada masyarakat sekitar. Jadi, jangan lupa pastikan hal ini ya!

Kebersihan Lingkungan Kos

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x