Mohon tunggu...
Sufitri Indah Iswari
Sufitri Indah Iswari Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas

Halo, Saya Sufitri Indah Iswari Seorang Guru Kelas SD

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Siswa

24 November 2022   00:54 Diperbarui: 24 November 2022   01:01 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu orang terpenting dalam kehidupan seorang anak adalah gurunya. Apakah Anda seorang pendidik atau bukan, penting untuk memahami peran yang dimainkan guru dalam pendidikan karakter dan mengajar anak-anak bagaimana berperilaku baik sendiri. 

Faktanya, salah satu masalah terbesar yang kita miliki dengan sistem pendidikan saat ini adalah bahwa pendidik tidak dapat menghabiskan waktu sebanyak yang mereka inginkan dengan siswa secara individu dan mengajar mereka secara langsung.

Seorang guru harus menjadi teladan yang positif

Seorang guru adalah model peran positif bagi siswa. Seorang guru menunjukkan karakter yang baik dengan mencontohkan perilaku berikut:

  • Mereka menghormati diri mereka sendiri dan orang lain.
  • Mereka jujur, dapat dipercaya, dapat diandalkan dan setia.
  • Mereka baik kepada orang lain.
  • Mereka menunjukkan empati terhadap semua individu.
  • Mereka menggunakan strategi komunikasi tanpa kekerasan.
  • Mereka menjauhi narkoba dan alkohol.
  • Mereka bekerja keras dalam pekerjaannya dan tidak melalaikan tugasnya sebagai guru karena ingin cepat pulang.

Seorang guru mengatur nada didalam kelas

Seorang guru mengatur nada untuk kelas mereka. Jika mereka tenang dan penuh hormat, begitu pula kelasnya. Siswa mengamati perilaku guru mereka dan menirunya sendiri. Guru memberi contoh kepada siswa tentang bagaimana memperlakukan orang lain, apakah itu teman atau bukan. Mereka juga memberi contoh tentang bagaimana berperilaku ketika menghadapi rintangan tertentu yang mungkin muncul dalam hidup.

Misalnya, jika seorang siswa berjuang dengan mata pelajaran yang sulit, mereka akan memiliki seseorang di sana yang dapat membantu mereka dan membimbing mereka melewatinya seperti yang akan mereka lakukan untuk semua siswa mereka. Seorang guru memainkan peran penting dalam pendidikan karakter karena seringkali tugas mereka untuk mengajar siswa bagaimana menjalani hidup dengan sukses dan baik.

Sebagai orang dewasa, kita belajar dari orang tua dan kakek nenek kita. Perbedaan antara orang dewasa yang hidup sekarang dengan orang dewasa yang hidup pada generasi sebelumnya adalah bahwa orang dewasa sekarang tidak selalu harus pulang setiap hari setelah bekerja. Kami bekerja larut malam atau pergi ke luar kota tanpa pengawasan orang dewasa di rumah. 

Sekarang menjadi tanggung jawab para guru untuk mendidik anak-anak tentang bagaimana mengelola tantangan-tantangan baru yang dihadirkan oleh masyarakat modern ini.

Anak-anak membutuhkan bimbingan baik secara akademis maupun moral; ini berarti kita, sebagai orang dewasa dalam posisi otoritas, harus memastikan jenis perkembangan ini terus berlanjut sepanjang karir pendidikan mereka.

Seorang guru menyediakan struktur dan dukungan

Seorang guru memberikan struktur dan dukungan bagi siswa mereka untuk berhasil. Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab menyekolahkan siswanya, tetapi juga membantu mereka belajar tentang pengembangan karakter. Seorang guru memiliki satu pekerjaan di siang hari: mengajar. Mereka harus memastikan bahwa mereka siap untuk semua kelas mereka, dan mampu mengajar secara efektif sehingga setiap siswa dapat belajar dari mereka.

Di banyak sekolah saat ini, guru memiliki lebih sedikit waktu dengan setiap siswa daripada yang mereka inginkan. Ini berarti bahwa mereka tidak akan dapat menghabiskan banyak waktu untuk satu mata pelajaran seperti yang mereka inginkan, atau membantu siswa dengan masalah di luar kelas yang mungkin memengaruhi pembelajaran mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun