Mohon tunggu...
Khoirul Amin
Khoirul Amin Mohon Tunggu... Jurnalis - www.inspirasicendekia.com adalah portal web yang dimiliki blogger.

coffeestory, berliterasi karena suka ngopi.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Bukan Mimpi, Selalu Ada Kesempatan Pelajar SMK Mutu Malang ke Jepang

3 Februari 2022   13:58 Diperbarui: 3 Februari 2022   14:29 577 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Alumsi SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi saat masih kuliah di kampus Jepang. (dokpri)

Pelajar SMK Mutu dan Jepang selalu punya kisah pengalaman dari waktu ke waktu. Bagi mereka, belajar dan meretas jalan sukses bermula dari Jepang adalah harapan, serta kesempatan yang bisa diwujudkan. Jepang bukan lah mimpi!

NEGARA Jepang bukanlah impian yang mustahil bagi pelajar asal Malang. Untuk kali kesekian, kesempatan menginjakkan kaki dan bermukim di negeri Sakura ini didapatkan sejumlah pelajar kota ini. Yakni, dari SMK Muhammadiyah 7 (SMK MUTU) Gondanglegi Malang, Jawa Timur.

Mereka adalah Ratih cahyani, Ade Rani Yustria, Debby Vesa Valentina, dan Dwi Nabila, kesemuanya pelajar prodi Keperawatan. Juga, Muhammad David Lazuardhi A., Krisna Satria Prasetyo, dan Reynaldi Virzha Maulana, dari prodi Teknik Komputer dan Jaringan.

Kesempatan berharga ini tentunya tidak didapatkan dengan mudah. Para pelajar tersebut sudah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat, dan masih harus mengikuti pendidikan khusus untuk memperlancar Bahasa Jepang, sebelum mereka berangkat ke negeri penuh salju ini.

Pelajar SMK Mutu Gondanglegi yang berkesempatan bekerja menjadi caregiver di Jepang. (dokpri)
Pelajar SMK Mutu Gondanglegi yang berkesempatan bekerja menjadi caregiver di Jepang. (dokpri)

Di Jepang, mereka akan menjalani pengalaman profesional sebagai care giver (perawat). Sebagai pembekalan, mulai 25 Januari 2022 lalu, dilakukan Pelatihan dan Pendidikan Bahasa Jepang di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bagi para pelajar terpilih ini.

Mendapatkan pengalaman di luar negeri, sejatinya bukan hal baru bagi pelajar SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Sebelumnya, beberapa alumni sekolah ini juga telah menyelesaikan pendidikan dan bekerja di luar negeri, termasuk di negara berjuluk negeri Matahari Terbit tersebut.

Dengan kesempatan terbaru ini, tidak salah sekiranya SMK Mutu semakin memperkuat visi sebagai sekolah bertaraf internasional. Hal ini setidaknya dibuktikan dengan sukses mendampingi proses seleksi siswanya, hingga mendapatkan pelatihan bahasa asing.

Kesempatan dan pengalaman istimewa ke Jepang ini sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun silam. Tepatnya pada tahun 2011, dan diulang pada 2014 lalu. Kesempatan pertama kali ini masih dialami kepala sekolah saat itu, M. Pahri. Kesempatan belajar di Jepang selanjutnya sempat dialami Munali, guru yang kini menjadi kepala SMK Muhammadiyah 7.

Banyak yang diperoleh dari pengalaman di Jepang ini, yang selanjutnya bisa menginspirasi lahirnya berbagai obsesi dan visi menjadikan SMK Mutu yang lebih maju dan berstandar internasional. Peta jalan baru memajukan sekolah lalu dilahirkan, menyusul pengalaman kunjungan dan belajar singkat di Jepang ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan