Mohon tunggu...
MBKM MD Jambuwer 2022
MBKM MD Jambuwer 2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Halaman resmi KKN MBKM MD Universitas Negeri Malang di Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang Tahun 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa MBKM-MD UM 2022 Membuat dan Mengimplementasikan Media Aplikatif untuk Praktikum Listrik Sederhana di SMP PGRI 04 Kromengan Kab. Malang

4 Desember 2022   12:12 Diperbarui: 12 Desember 2022   08:34 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM bersama Siswa Kelas 9 SMP PGRI 04 Kromengan

Jambuwer - 18 Oktober 2022

Pembuatan dan praktik penggunaan media aplikatif serta kegiatan belajar bersama tim KKN MBKM UM telah dilaksanakan di SMP PGRI 04 Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kab. Malang. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa siswi kelas 9 yang mendapatkan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam khususnya pada materi listrik statis dan dinamis. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dan telah melibatkan banyak hal, disini kita tidak hanya belajar bersama tetapi juga aktif berdiskusi dan seru-seru an dengan adanya games kuis berhadiah yang membuat para siswa sangat antusias selama kegiatan berlangsung.

Media aplikatif untuk pembelajaran didefinisikan sebagai alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Digunakan untuk menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar sehingga kegiatan pembelajaran bisa efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Model media pembelajaran ada dua yaitu media online dan offline. Media online dirancang dengan menggunakan teknologi tepat guna yang dapat memudahkan siswa dalam belajar. Sedangkan, media offline dirancang dengan menggunakan alat peraga langsung yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Dalam kegiatan ini tim KKN UM menggunakan 2 media sekaligus, yaitu media online yang berupa aplikasi virtual laboratorium fisika dan juga media offline yang berupa alat kit listrik sederhana.

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan sebelum kegiatan ini berlangsung, kondisi SMP PGRI 04 Kromengan dinilai masih kekurangan media untuk pembelajaran serta SDM siswa nya yang kurang menguasai teknologi. Oleh karena itu, tim KKN UM bekerja sama dengan SMP PGRI 04 Kromengan memutuskan untuk membuat media pembelajaran yang berbentuk alat kit listrik sederhana dan juga mengimplementasikan penerapan teknologi dengan menggunakan aplikasi virtual laboratorium fisika, dimana sesuai materi yang diangkat yaitu mengenai "Listrik Statis dan Dinamis serta Peranannya dalam Kehidupan Sehari-hari". Media aplikasi yang telah digunakan dan media praktik yang telah dibuat bertujuan supaya siswa lebih aktif dan tertarik selama proses pembelajaran serta dapat memfasilitasi siswa memahami materi listrik. Media yang dipakai dan dibuat nantinya dapat digunakan untuk pelengkap dalam kegiatan pembelajaran.

Perkenalan dan Pemaparan Materi oleh Mahasiswa KKN UM
Perkenalan dan Pemaparan Materi oleh Mahasiswa KKN UM

Di hari itu kedatangan Tim KKN UM disambut hangat oleh pihak sekolah termasuk para guru dan juga para siswa yang menjadi sasaran selama kegiatan pembelajaran ini. Agenda yang dibuat oleh tim KKN terdiri dari beberapa kegiatan yang berlangsung selama 2 hari berturut-turut yaitu hari Senin, 17 Oktober 2022 dan Selasa, 18 Oktober 2022.

Di hari pertama dimulai dari pembukaan oleh tim KKN UM dengan memasuki ruang kelas 9 di SMP PGRI 04 Kromengan. Selanjutnya tim KKN UM berkenalan dengan para siswa serta dilakukan presensi supaya saling mengenal satu sama lain. Sebelum acara dilaksanakan diadakan pretest terlebih dahulu untuk mengetahui pengetahuan mereka secara umum mengenai kelistrikan. Setelah itu dilakukan pemaparan materi oleh Tim KKN lalu dilanjutkan dengan penayangan video pembelajaran. Setelah selesai para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk nantinya mempermudah praktik penggunaan aplikasi virtual laboratorium fisika, dengan dibentuk kelompok para siswa bisa saling berkolaborasi dan bekerjasama satu sama lain. Tak hanya itu, Tim KKN UM juga telah menyiapkan game berupa quiz tebak-tebakan soal secara langsung, bagi siswa yang bisa menjawab dengan tepat akan memperoleh hadiah dari kami.

Mahasiswa KKN UM bersama Siswa Mempraktikkan Aplikasi Virtual Laboratorium Fisika 
Mahasiswa KKN UM bersama Siswa Mempraktikkan Aplikasi Virtual Laboratorium Fisika 

Di hari kedua dimulai dengan presensi terlebih dahulu, kemudian melanjutkan pemaparan materi listrik serta penjelasan modul praktik pembuatan rangkaian listrik sederhana oleh Tim KKN. Setelah itu setiap kelompok langsung dibagikan alat-alat kit listrik sederhana yang nantinya akan digunakan untuk praktik. Anggota Tim KKN juga telah dibagi untuk mendampingi para siswa melakukan praktik dan ada salah satu anggota yang menjelaskan mengenai fungsi serta kegunaan setiap alat di depan kelas. Para siswa terlihat aktif saat penyusunan rangkaian listrik menjadi susunan seri dan pararel. Di akhir acara juga diadakan quiz interaktif dengan menggunakan quizizz online dan peserta dengan poin tertinggi mendapatkan hadiah dari kami. Sebelum pulang, mereka mengisi postest dan lembar evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan serta perbaikan kedepannya.

Mahasiswa KKN UM Menjelaskan Fungsi dan Kegunaan Setiap Alat yang Digunakan dalam Praktikum
Mahasiswa KKN UM Menjelaskan Fungsi dan Kegunaan Setiap Alat yang Digunakan dalam Praktikum

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun