Mohon tunggu...
Mbak Avy
Mbak Avy Mohon Tunggu... Seorang yang punya hobi menulis

"ordinary woman, but want to be an extraordinary mom"

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Mengerjakan Hobi, Puasa Nggak Berasa

20 Mei 2019   15:27 Diperbarui: 20 Mei 2019   16:03 0 10 8 Mohon Tunggu...
Mengerjakan Hobi, Puasa Nggak Berasa
Hasil karya buat dipakai sendiri dan pesanan (dok.pri)

Apa sih hobi kamu? Kalau ada yang bertanya, pasti saya akan menjawab menulis dan membaca. Menulis karena memang sudah menjadi pekerjaan sehari-hari sebagai blogger dan jurnalis. Kalau membaca menjadi satu keharusan karena disitulah banyak referensi yang saya dapatkan. 

Di bulan puasa ini, kegiatan tersebut masih tetap saya kerjakan. Bahkan semakin tinggi tingkat aktifitasnya. Apalagi di bulan puasa ini, saya menambah waktu luang dengan membaca Al Quran. Yang lucunya, kalau saya merasa banyak kerjaan yang berbenturan waktunya. 

Akhirnya saya mendegarkan surat Al Quran lewat channel You Tube. Kadang juga mencari channel siraman rohani dari para ulama idola yang cukup mudah dicari. Itulah salah satu hobi  yang cukup mengasikkan ketika menunggu waktu berbuka. 

Tapi selain itu saya mempunyai hobi yang saya sebut adalah hobi musiman. Kenapa saya sebut begitu? Karena kalau lagi pengen bikin ya bikin. Kalau lagi cocok momennya juga dikerjain. Apalagi kalau banyak pesanan hehehehe.

Perangkat perang menekuni hobi membuat asesoris (dok.pri)
Perangkat perang menekuni hobi membuat asesoris (dok.pri)
Jadi, saya mempunya hobi membuat asesoris berupa giwang, gelang, kalung, bros sampai cincin jilbab. Sebenarnya hobi ini sudah lebih dari 5 tahun saya tekuni. Dulu sering saya sering ikut pameran, nitip ke toko-toko sampai ada yang ambil untuk di jual lagi. Saya sendiri belajar secara otodidak. Kadang melihat dari YouTube atau gambar di media sosial. 

Hobi ini sempat menjadi tumpuhan hidup atau matapencaharian. Karena memang dulu menjadi pemasukan yang lumayan besar. Apalagi ketika teman saya yang tinggal di luar negeri sempat pesan dalam jumlah banyak ketika disana ada pameran hasil karya warga Indonesia.

Membuat asesoris dipakai lebaran (dok.pri)
Membuat asesoris dipakai lebaran (dok.pri)
Tapi sejak saya menekuni dunia blogger tahun 2014, kegiatan ini jadi sering saya tinggalkan. Bahkan kadang tidak sempat mengerjakan padahal masih juga pesanan. Kalau sudah begitu, sering saya lempat ke teman yang dulu juga sempat saya ajari. Akhirnya lama-lama kegiatan saya jadi vakum.

Sekarang ini menjadi kegiatan musiman. Lebih seringnya saya kerjakan di bulan Ramadan dengan alasan mengisi waktu menjelang buka puasa. Karena aktifitas yang mengasyikan dan menyenangkan itu bisa membuat waktu berbuka jadi nggak kerasa. Selain itu, di momen lebaran ini saya membuat asesoris yang dicocokkan dengan busana lebaran yang mau di pakai. Saya juga membuatkan saudara-saudara supaya bisa memakai asesoris kembar.

Kalau kegiatanmu menjelang buka apa Kers?