Mohon tunggu...
WAHYU AW
WAHYU AW Mohon Tunggu... Sales - KARYAWAN SWASTA

TRAVELING DAN MENULIS

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Bercerminlah!

10 Mei 2023   18:00 Diperbarui: 10 Mei 2023   18:03 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

BERCERMINLAH!!!

Mbah Har - Wahyu

Seseorang pernah berkata padaku 'bercerminlah pada sosok yang polos!'

"Sosok yang polos?...Siapakah dia?" Lama aku mencari, dalam semalam dan dalam sesiang aku menjarahkan buah budiku keseberang. Barangkali pikirku ada di sana, ada dalam katalog buku-buku best seler atau buku-buku kurang laku atau bahkan gagal di pasaran. Barangkali, namanya juga usaha!

"Begitu hebatkah dia hingga seorang yang telah berpengalaman makan asam gunung dan garam di laut menyarankan agar aku berguru padanya?" tanyaku seorang diri.

"Sempurnakah dia?" seseorang tersebut menjawab "tidak...tidaklah demikian!".

"Tinggi/tua, berkumis/berjenggot/orang terkenalkah dia?" sekali lagi dengan singkat dan sigap dijawab "semua orang mengenalnya...tidak putih/hitam!"

Kemudian dia..."Pergilah...bawalah mimpi telah kau bangunkan. Ukir kisah tentang hari dari sanalah segala dan segenap hari dimulai. Dari setianyalah tiap karya cipta diukur dan diabadikan dalam balutan!" begitu seseorang yang kukenal tersebut titip pesan.

Kepada siapa aku harus mencari dan bertanya?ketahuilah, sekelilingku hanya orang-orang yang malas dan lelah memandang, juga asal memandang. Padahal di sekelilingku hanya ada kumpulan orang-orang yang menyimpan jutaan kecewanya, lebih parah lagi mengumbar rintihan dan berat di tangan!

Dan aku pergi, aku bertanya pada apa yang aku lihat, bertanya pada apa yang aku saksikan, dan mencoba membuat sketsa apa yang aku dengar dan rasakan dalam lukisan sederhana.

Dan tidak sampai di sana, aku juga tanya orang-orang (namanya/sebutannya yang demikian disebutkan), aku juga surfing di internet. Lewat dunia maya, dengan bantuan seach engine...sekali lagi, siapa tahu dapat menjawab rasa keingintahuanku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun