Mohon tunggu...
Muhammad Aziz Maruf
Muhammad Aziz Maruf Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PMM UMM: Sosialisasi Pembuatan dan Pembagian Hand Sanitizer di Desa Tegalgondo

19 September 2020   10:58 Diperbarui: 19 September 2020   11:12 26 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM UMM: Sosialisasi Pembuatan dan Pembagian Hand Sanitizer di Desa Tegalgondo
Dok. pribadi

Di tengah mewabahnya Covid-19 Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dapat dilakukan di daerah masing-masing. Salah satunya kelompok 08 PMM ini yang berlokasi di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, dimana salah satu program mereka adalah melakukan sosialisasi pembuatan dan pembagian hand sanitizer. Kegiatan ini diprakarsai oleh Muhammad Aziz Ma’ruf selaku Koordinator, Reihan Dewi Allam Saraswati, Aulia Yasminar, dan Effanda Maulana.

Kegiatan sosialisasi pembuatan dan pembagian hand sanitizer ini dilaksanakan pada tanggal 16 September 2020 di halaman Taman Baca dan Bermain Kali Paron, Desa Tegalgondo. Dalam hal ini mereka mengundang masyarakat desa Tegalgondo karena disitu terlihat antusias yang besar masyarakat desa untuk menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, akan tetapi mengingat saat ini masih dalam masa pandemi, kegiatan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pada kegiatan sosialisasi ini, disampaikan terkait pembuatan hand sanitizer dengan cara yang praktis atau bisa dikatakan dapat dipraktekkan dengan mudah ketika dirumah. Bahan-bahannya yaitu alkohol 70% dan aloe vera gel atau lidah buaya, kedua bahan tersebut telah dihitung berapa masing-masing yang diperlukan.

Setelah dilakukannya kegiatan sosialisasi ini Mahasiswa PMM UMM juga membagikan hasil sosialisasi yang berupa hand sanitizer tersebut kepada masyarakat desa, kemudian mereka juga berharap kegiatan yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi masyarakat desa terutama ditengah pandemi ini penggunaan hand sanitizer sangat dibutuhkan. Sehingga tidak lagi bergantung pada produk hand sanitizer yang dijual dengan harga yang tinggi dipasaran.

Kegiatan ini tidak lepas dari bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Mohammad Syaifuddin, MM. Terkait dengan informasi seputar Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 8 Gelombang 7 selalu update melalui akun Instagram @pmm.tegalgondo.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x