Mohon tunggu...
Maz Atca Berliando
Maz Atca Berliando Mohon Tunggu... Penggiat

Tech and Information Addict.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Mendaftar dan Menggunakan OPPO ID

15 September 2020   16:56 Diperbarui: 15 September 2020   17:16 94 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mendaftar dan Menggunakan OPPO ID
Sumber: Internet

Kompasiana.com - OPPO merupakan salah satu vendor smartphone yang sudah sangat populer di indonesia. HP produksi dari OPPO umumnya terkenal karena kualitas dari kamera yang memiliki resolusi cukup tinggi dan tentunya dengan hasil kamera yang bisa diandalkan. Selain itu OPPO juga memiliki banyak fitur yang sangat berguna.

Salah satu fitur yang wajib Anda coba di HP OPPO yaitu OPPO ID. Dengan menggunakan OPPO id tersebut, pengguna dapat menggunakan beberapa fasilitas yang diberikan oleh OPPO secara gratis, seperti OPPO cloud.

Jika Anda baru menggunakan OPPO, Anda bisa melakukan pendaftaran OPPO id dengan beberapa cara, bisa melalui website resmi OPPO atau melakukannya langsung pada HP OPPO tersebut melalui pengaturan. silakan simak penjelasan berikut ini.



Apa Itu OPPO ID?
Beberapa vendor smartphone sekarang sudah mengembagkan fitur cloud untuk penyimpanan di HP para pengguna. Hal ini juga dilakukan oleh OPPO. Namun, untuk menggunakan fasilitas cloud tersebut, para pengguna harus memiliki OPPO id terlebih dahulu.

OPPO ID adalah sebuah akun yang dibuat untuk menikmati fasilitas cloud dari OPPO dan beberapa aplikasi bawaan dari OPPO lainnya. Dengan menggunakan OPPO id tersebut Anda bisa menyimpan file dan mendapatkan penyimpanan cloud sebesar 5gb secara gratis.

Untuk mendaftar OPPO ID tentunya bisa Anda lakukan secara gratis dan bisa langsung dilakukan pada smartphone OPPO tersebut melalui browser.


Cara Mudah Mendaftar OPPO ID:
Untuk mendaftar akun OPPO id bisa Anda lakukan langsung melalui website resmi OPPO atau melalui menu pengaturan. Namun, untuk mempermudah pada tutorial ini, kita akan langsung mendaftar OPPO id melalui menu pengaturan di HP OPPO tersebut.

1. Pertama, silakan masuk ke pengaturan atau settings.
2. Selanjutnya, cari dan pilih menu masuk ke OPPO id, jika Anda tidak melihat menu tersebut, silakan tekan menu akun.
3. Pada halaman awal OPPO id, silakan tekan menu daftar yang berada di bagian tengah.
4. Lanjut dengan memasukkan email. Pastikan email yang Anda masukkan aktif, karena digunakan untuk menerima verifikasi dan informasi lainnya.
5. Lalu tekan menu verifikasi keamanan.
6. Nantinya, pada halaman ini Anda akan diminta untuk memasukkan kode konfirmasi yang dikirimkan ke email yang Anda masukkan tadi.
7. Buka email Anda, lalu cari pesan dari OPPO, lalu copy kode konfirmasi dari email tersebut.
8. Kembali ke pengaturan OPPO id, lalu masukkan kode konfirmasi dari email tersebut dan tekan berikutnya.
9. Terakhir, Anda akan diminta untuk memasukkan password.
10. Jika password sudah diisi, tekan tombol daftar dan klik mulai gunakan ponsel.



Cara Membackup Data Secara Otomatis Dengan OPPO Cloud:
Setelah berhasil mendaftar akun OPPO id tersebut, sekarang Anda sudah bisa menggunakan OPPO id tersebut untuk kepentingan penyimpanan cloud dan lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan OPPO id tersebut Anda juga bisa melakukan backup otomatis terhadap data yang ada di HP OPPO tersebut, mau itu foto, dokumen, aplikasi dan lainnya. Berikut ini cara melakukan backup data secara otomatis di HP OPPO.

1. Pertama, silakan masuk ke menu settings atau pengaturan HP OPPO tersebut.
2. Lalu cari dan pilih menu OPPO ID / OPPO CLOUD.
3. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda lakukan backup secara otomatis.

Umumnya, backup secara otomatis yang dilakukan oleh OPPO cloud, akan berjalan jika Anda menggunakan koneksi internet menggunakan wifi.

Nantinya, semua data atau aplikasi yang sudah Anda pilih sebelumnya, akan di backup atau disimpan secara otomatis ke OPPO cloud dan jika suatu saat data tersebut tidak sengaja dihapus atau hilang Anda bisa melihatnya kembali di OPPO cloud.



Penutup,
Demikianlah cara mendaftar dan menggunakan OPPO id. Dengan adanya OPPO id tersebut, Anda bisa menikmati fasilitas yang diberikan OPPO, salah satunya OPPO cloud sebagai ruang penyimpanan berbasis cloud atau untuk kepentingan backup otomatis.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x