Mohon tunggu...
Yayuk Sulistiyowati M.V.
Yayuk Sulistiyowati M.V. Mohon Tunggu... Guru - Pembalap Baru

SOLI DEO GLORIA

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Peka, Kreatif, dan Bijaksana dalam Menggunakan Skincare

5 Maret 2024   14:30 Diperbarui: 4 April 2024   01:14 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi(PEXELS/SARAH CHAI) | kompas.com

Maraknya produk skincare di berbagai platform media sangat menggoda masyarakat milenial. Sepanjang hari berbagai produk skincare selalu muncul 'FYP' di TikTok dan berulang-ulang. Demikian juga penawaran secara 'life selalu lalu lalang di beranda-beranda media sosial.

Algoritma bekerja cepat ketika sekali saja kita membuka dan meresponsnya, maka produk serupa muncul setiap saat tanpa mampu kita kendalikan.

Semua merupakan tantangan era digital, di mana semua hanya mampu kita nikmati dan secara bijak menyikapi. Semua tergantung diri kita masing-masing.

Pengaruh penggunaan skincare yang booming di platform media sosial tak hanya merambah ke “emak-emak” atau remaja wanita saja. Tak sedikit kaum Adam pun tertarik dan terbius untuk mulai merawat wajah dengan skincare secara rutin.

Sekali peristiwa satu orang murid menilai wajah saya sedikit kusam dan kering karena pengaruh AC seharian di tempat kerja. Murid spesial saya ini menyarankan saya untuk menggunakan salah satu produk skincare secara rutin. Tak hanya sampai di situ, ia pun dengan gembira membawakan saya produk yang ia maksud untuk saya.

Saya menerimanya dengan sukacita dan saya pun menggunakan produk itu sesuai dengan arahannya. Saya berusaha untuk rutin menggunakannya supaya hasil yang tampak dapat membuatnya senang, yah kadang saya terpaksa terhenti karena saya juga perlu menimbang-nimbang kepentingan dan skala prioritas.

Peka, Kreatif, dan Bijaksana

Ada beragam cara yang dapat kita lakukan untuk merawat wajah tanpa menggunakan produk-produk skincare secara lengkap. Alam semesta sudah menyediakan semuanya, tinggal kita saja yang dituntut untuk peka, kreatif, dan bijaksana dalam memanfaatkannya.

Kita dituntut peka untuk melihat mana yang aman dan tepat untuk perawatan diri. Kita juga harus kreatif menggunakan dan atau mengolah bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita, dan tentunya juga bijaksana dalam memilih produk yang tepat juga yang sesuai dengan budget. Bukan asal pilih; asal murah, asal viral dan lain sebagainya.

Selain secara psikis kita harus menyingkirkan energi-energi negatif, dengan menerapkan upaya ini saya merasakan sendiri khasiatnya. Wajah terasa bersih, segar, dan terkesan awet muda. Meskipun tidak "se-glowing” perawatan wajah dengan skincare tertentu.

Perlu juga kita bijak dalam menyikapi maraknya beraneka ragam produk skincare yang muncul di masyarakat modern dengan mengolaborasi penggunaan skincare dengan cara-cara tradisional. Selain ramah di kantong juga aman di wajah.

Kolaborasi Skincare dengan Perawatan Cara Tradisional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun