Mohon tunggu...
Maya Siallagan
Maya Siallagan Mohon Tunggu... Maya Siallagan

Live for better future.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Lakukan Hal Ini agar Anda Lulus Seleksi Masuk PTN

15 November 2020   11:34 Diperbarui: 15 November 2020   11:47 24 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lakukan Hal Ini agar Anda Lulus Seleksi Masuk PTN
steemit.com

Perguruan Tinggi Negeri sejak dulu sudah menjadi incaran bagi siswa lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat PTN tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristek Dikti) tahun 2017, Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia berjumlah 122 unit, jauh berbeda dengan jumlah Perguruan Tinggi Swasta yang banyaknya mencapai 3.136 unit. Bahkan, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) hanya mencatat sekiranya 85 PTN dalam SNMPTN maupun SBMPTN.

Jumlah PTN yang sedikit menjadikan persaingan semakin ketat. LTMPT sebagai lembaga tes seleksi masih menerima siswa yang telah lulus SMA/SMK maksimal angkatan 2 tahun sebelumnya dalam penerimaan jalur seleksi tes. Hal inilah yang dikhawatirkan oleh para pejuang PTN yaitu banyaknya saingan dalam setiap seleksi, baik melalui seleksi nilai rapor maupun seleksi tes.

Oleh karena itu, agar kedepannya nama kita tercatat di salah satu PTN yang kita harapkan, mari kita lakukan hal-hal berikut:

1. Tetapkan Tujuan

Hal yang paling penting dan utama adalah menetapkan kemana tujuan yang kita inginkan. Jika ingin pergi ke suatu tempat sudah pasti kita berencana dulu ingin pergi kemana. Tujuan itu sudah tetap dan konsisten. Dengan demikian, kita akan tahu hal apa yang perlu kita persiapkan agar sampai ke tujuan yang diinginkan. Apakah itu SNMPTN atau SBMPTN hanya kamu yang tahu apa yang  benar-benar kamu inginkan.

2. Rencanakan

Setelah destinasi atau tujuan sudah ditetapkan, saatnya merencanakan persiapan apa yang akan dilakukan agar sampai ke tujuan. Misalnya jalur seleksi rapor (SNMPTN), persiapan yang harus dilakukan adalah meningkatkan nilai rapor selama 5 semester berturut-turut. Rata-rata indeks nilai harus meningkat dan tetap konsisten.

Selain itu, alumni sekolahmu juga berperan. Semakin banyak alumni atau kakak kelas kamu yang lulus seleksi rapor, semakin besar kesempatan yang kamu miliki. Usahakan kamu masuk kuota dan dengan cermat mengikuti alurnya. Pilih jurusan sesuai minat dan bakat serta sering berkonsultasi dengan guru BK. 

Bagi kamu yang ingin masuk melalui jalur tes (SBMPTN) atau ingin lintas jurusan, perjuangan kamu harus lebih besar lagi. Atur waktu dalam belajar materi tes. Catat skala prioritas kamu. Urutkan materi tes dari yang mudah sampai paling sulit. Setelah itu, jadwalkan waktu untuk kamu belajar. Atur sesuai dengan aktivitas kamu, agar jadwal dapat terlaksana setiap hari secara efisien. Ingat! Saingan terberat bukanlah orang lain melainkan dirimu sendiri.

3. Kontrol Dirimu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x