Yudhista Aditya Prastowo
Yudhista Aditya Prastowo pelajar/mahasiswa

Mahasiswa senior di sebuah kampus swasta di Malang

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Bus Feeder Mudahkan Penumpang di Bandara Soetta

13 Mei 2015   20:29 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:04 127 1 1

[caption id="" align="aligncenter" width="560" caption="foto: Wartakota"][/caption]

Pengguna jasa Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini tidak perlu khawatir kesulitan memperoleh taksi di sekitar bandara. Pihak pengelola bandara, PT Angkasa Pura II menyediakan bus feeder yang diperuntukkan bagi penumpang Terminal 1, 2, dan 3.

Bus feeder ini membantu penumpang untuk memperoleh taksi saat taksi resmi di titik muat kosong atau dibutuhkan taksi dalam jumlah banyak. Di tiap terminal disediakan petugas yang akan menghubungi sopir bus feeder saat antrian untuk menunggu taksi sudah cukup panjang. Bus feeder kemudian akan mengantar penumpang untuk memperoleh taksi di luar bandara.

Senior General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Zulfahmi mengatakan, jumlah bus feeder yang disediakan sebanyak lima unit. Masing-masing unit bus berkapasitas 25 kursi. Dua armada bus berasal dari Blue Bird dan Express, sedangkan tiga lainnya merupakan inisiatif dari pihak Bandara Soekarno-Hatta.

Ada dua rute yang tersedia saat ini. Armada Blue Bird dan Express mengisi rute Banara-Rawa Bokor. Sementara tiga armada lain mengisi rute Pantai Indah Kapuk. “Bus ini mengelilingi terminal untuk kemudian diantar ke Rawa Bokor dan Kapuk sebagai buffer area. Kemudian penumpang bisa menggunakan taksi Blue Bird dan Express non stiker bandara yang tersedia,” ujarnya.

Bus feeder ini sudah dioperasikan selama dua minggu. Pihak Bandara Soekarno-Hatta akan melakukan evaluasi penggunaan bus feeder ini. Apabila dirasa kurang, ada kemungkinan jumlah unit bus akan ditambah.