Mohon tunggu...
Maximus Malaof
Maximus Malaof Mohon Tunggu... Terus Bertumbuh dan Berbuah Bagi Banyak Orang

Tuhan Turut Bekerja Dalam Segala Sesuatunya

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Rismaharini dan Sandiaga Menjadi Menteri: Panggung Terbaik Menuju RI 1 2024?

23 Desember 2020   00:37 Diperbarui: 23 Desember 2020   15:02 497 39 7 Mohon Tunggu...

Jokowi Menjawab Isu Perombakan Kabinet

Akhirnya isu perombakan menteri dalam tubuh Kabinet Indonesia Maju yang menjadi soal dan pertanyaan publik sebelumnya, tertemukan jawabannya. Bolehlah dikatakan di sini bahwa itu merupakan kado penutup tahun 2020 dari orang nomor satu di republik ini. Diam-diam, rupanya Joko Widodo telah mengantongi nama-nama yang dipandang layak untuk masuk dalam kabinet yang dipimpinnya. 

Tidak tanggung-tanggung, mantan wali kota Solo itu merombak enam kementerian yang mungkin dalam penilaiannya belum memberikan kontribusi yang signifikan selama ini, termasuk dua kementerian yang sudah lowong selama beberapa waktu terakhir yakni Kementerian Sosial (Juliari P. Batubara) dan Kemeterian Perikanan dan Kelautan (Edhy Prabowo) karena berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rismaharini dan Sandiaga

Dari keenam nama yang disebut oleh mantan Gubernur DKI itu, terdapat nama Rismaharini dan Sandiaga Uno. Bagi sebagian  masyarakat yang terus mengikuti hiruk pikuk isu perombakan kabinet selama ini, munculnya kedua nama itu bukanlah sesuatu yang mengagetkan. Risma dan Sandi memang sudah diperhitungkan jauh sebelumnya. 

Ibu Risma yang menggantikan Juliari P. Batubara di Kementerian Sosial, rasanya tepat untuk itu. Perempuan yang menjadi buah bibir karena berhasil memimpin Surabaya itu, memiliki beberapa syarat mumpuni seperti, bersih dari korupsi, tegas, bijak, dan namanya sudah mendunia. Apa yang dimiliki dalam diri Risma, setali tiga uang dengan nama Sandiaga Uno. Beliau adalah mantan wakil Gubernur DKI, pernah bersaing dengan  Jokowi pada Pilpres yang lalu, dan memiliki pengalaman yang hebat dalam mengelola usaha-usahanya yang menjamur dimana-mana.

Menjadi perbincangan menarik di kalangan pemerhati dunia politik adalah kedua nama Menteri baru itu dikait-kaitkan dengan perhelatan pesta demokrasi pilpres tahun 2024. Meski terasa masih terlalu dini, akan tetapi penting juga untuk melakukan pengamatan dari saat ini untuk kemudian menentukan yang terbaik bagi Indonesia, di tahun 2024.

Risma dan Sandi, Layak Menuju Pilpres 2024

Bagi penulis, ada beberapa syarat yang dipenuhi oleh Risma dan Sandi untuk diusung pada Pilpres 2024 yakni:

1. Memiliki Pengalaman Memimpin

Baik Risma maupun Sandi, memiliki pengalaman memimpin yang tak perlu diragukan lagi. Risma pernah memimpin Surabaya dan berhasil melakukannya. Bahkan namanya disebut-sebut sebagai yang terbaik di antara walikota-walikota lain di negeri ini bahkan dunia. Hal yang sama dimiliki oleh Sandi. Dia pernah memimpin di DKI walaupun hanya sebagai wakil Gubernur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN