Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kunci Sukses Menulis itu Mudah

7 September 2022   04:19 Diperbarui: 7 September 2022   04:22 273 44 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar: Republika.co.id

Sobat Kompasianer. Berbicara tentang menulis, aktivitas menulis seperti kita menulis artikel pada Kompasiana setiap hari contohnya, rupanya menurut om Jay menulis itu sangat mudah, yang membuat sulit adakah persepsi diri kita sendiri, maka Om Jay selalu mengalirkan semangat kepada insan literasi diseluruh Indonesia untuk menulis lah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. 

Namun bagi penulis pemula, meskipun mendapatkan banyak motivasi, masih saja terus berpikir bahwa menulis itu tidak mudah. Nah pada kesempatan kali ini kita bahas lebih lanjut rahasia menulis itu mudah. Yuk cekidot.

Seperti layaknya sebuah pintu yang membutuhkan kunci untuk membuka, demikian pula agar kita bisa menulis dengan mudah maka dibutuhkan pula kunci yang cocok untuk membuka kemudahan tersebut. Berkenaan dengan kemudahan menulis, menurut Prof Ngainun Naim  terdapat kunci-kunci agar  pintu gerbang kemudahan menulis  bisa dibuka lebar, menulis tidak sekedar menjadi mudah bahkan menjadi menyenangkan dirasakan juga oleh pemula. 

Adapun  kunci tersebut adalah 

1. Ubah pola pikir. 

Ciptakan pemahaman bahwa menulis itu mudah. Mindset menulis itu mudah, akan membantu kita tetap optimis untuk mewujudkan sebuah tulisan. Ketika pikiran kita diberi sugesti mudah maka informasi tersebut akan direkam oleh otak, dengan demikian otak akan mengirimkan perintah serta sinyal kepada tubuh kita, sehingga seluruh aktivitas diri kita  akan didukung untuk memberikan kemudahan. 

2.  Minat dan Kemauan Berlatih.

Ciptakan pikiran bahwa menulis adalah keterampilan Sekolah Dasar. Menulis sesungguhnya tidak selalu butuh pendidikan yang tinggi, setiap orang bisa menulis mulai dari anak SD sampai profesor. Tidakkah kita ingat bawa saat SD sering mendapatkan tugas mengarang bebas ? Apakah kita kesulitan ? Tentu saja tidak karna pada saat itu kita diberikan intruksi menulis bebas, apa saja, maka kita yakin dengan pengalaman dan aktivitas harian yang bisa kita tuangkan menjadi tulisan. Nah semudah itulah menulis.

 Menulis harus dimulai dari keyakinan sebagai keterampilan dasar, artinya untuk menulis tidak dibutuhkan bakat melainkan minat yang besar dan kemauan untuk berlatih. Perpaduan dua hal ini yang bisa membuat seseorang menjadi penulis. 

"Menulislah sedari SD, apa pun yang ditulis sedari SD pasti jadi" pramoedya Ananda Toer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan