Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Pilihan Bisnis yang Tepat Solusi Dana Pensiun Hari Tua

29 Agustus 2022   23:36 Diperbarui: 30 Agustus 2022   09:51 614
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar dari: liputan 6.com

Terlahir dari Kedua orang tua Pegawai Negri yang  memiliki dana pensiun, membuat saya tidak hawatir akan kebutuhan hidup orang tua, karena dengan dana pensiun almarhum ayah dan pensiun ibu, telah cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari sang ibu di usia senjanya. Selain dana pensiun, juga ditambah dari hasil pertanian meski tidak seberapa, orang tua saya mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, tanpa harus pusing, tanpa harus mengandalkan anak-anak,  bahkan sering dijadikan andalan tetangga  meminta tolong dan mampu memberi jajan pada cucu-cucu nya. Saat ini hidup orang tua saya dalam hal ini ibu, hanya di rumah, mengisi waktu bermain dengan anak dan cucu. Selayaknya demikianlah kehidupan kita ketika telah memasuki usia senja, tinggal duduk beristirahat dan lebih fokus beribadah untuk mempersiapkan kepulangan ke negri Abadi. 

Kondisi ideal yang ada pada orang tua saya, membuat saya berpikir, lantas  bagaimana dengan saya, apakah saya telah memiliki bekal, berupa dana pensiun  untuk hari tua nanti ? ataukah saya sudah punya tabungan, infestasi dan pengelolaan dana yang baik dalam mempersiapkan hari tua ?  Sudah siapkah dana pensiun yang akan menjadi jaminan bekal hidup kelak ?  Dengan profesi bukan ASN tentu saja saya tidak punya dana pensiun seperti kedua orang tua, sehingga  banyak pertanyaan  di atas menjadi PR yang harus saja jawab, saya harus berpikir  kreatif mencari solusi untuk masa depan nanti. 

Menurut hemat saya, menjadi seorang wirausaha adalah satu salah solusi hidup sejahtera dihari tua sebagai pengganti jaminan dana pensiun. Selain itu Rosul kita Ummat Islam mencontohkan dalam mencari penghidupan degan berniaga wiraswasta.

Ada banyak contoh teladan orang sukses dalam bidang usaha yang saya kenal, baik perempuan maupun laki-laki, begitupun dilingkungan para pembaca tentunya.

Beberapa bidang usaha yang menuai hasil yang baik  adalah " dengan menjalankan bidang usaha yang banyak dibutuhkan orang dan yang selalu tersedia, dalam bidang barang maupun jasa. 

Adapun bentuk usaha tersebut diantaranya

1. Bidang Kuliner.

Semua orang pasti membutuhkan berbagai jenis makanan, baik pokok maupun non pokok, terlebih lagi dengan kebiasaan banyak orang dengan gaya hidup konsumtif, serta banyaknya acara kuliner yang sering dijadikan konten, maka bisnis kuliner akan selalu  ramai diserbu pelanggan. Terlebih jika kuliner kita memiliki Khasan tertentu, selain banyak peminat kita bisa membuka usaha cabang di beberapa tempat, terima pegawai dan kita cukup menikmati hasil.

2. Bidang Fashion

Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa tak luput dari fashion, kebutuhan akan fashion bisa menjadi pilihan tepat. Tidak sedikit yang kebutuhannya membeli pakaian selalu dipenuhi dalam waktu sebulan sekali,  yang meskipun tidak setiap hari namun kebutuhan orang pada fashion akan selalu ada dan tentu saja bisnis ini harus  selalu berkembang mengikuti zaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun