Mohon tunggu...
Mawar Raisa
Mawar Raisa Mohon Tunggu... Administrasi - Wanira pejuang yang harus bisa sendiri
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya adalah wanita yang ingin memberikan informasi informasi penting untuk membudidayakan dan merawat ayam aduan anda

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Mengobati Penyakit Cacing Mata pada Ayam Peliharaan

29 Januari 2022   02:25 Diperbarui: 29 Januari 2022   02:34 955 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mengobati Penyakit Cacing Mata Pada Ayam Peliharaan -- Penyakit yang bisa di derita ayam peliharaan sangat beragam. Ada juga yang penyakit berbahaya ada juga yang penyakit biasa aja. Tetapi jangan mengangap remeh penyakit penyakit yang bisa aja di derita sang ayam peliharaan. Jika salah langkah ataupun membiarkan penyakit yang di derita sang ayam peliharaan dapat berakibat fatal. Fatal nya bagi sang ayam peliharaan memang cukup relatif, ada yang bisa berakibat kematian dari sang ayam peliharaan.

Dengan kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang penting hanya untuk para sobat pemain ayam. Kami akan memberikan informasi tentang penyakit yang bisa saja di derita oleh sang ayam peliharaan para sobat. Kali ini kami pemain ayam akan membahas tentang cara mengobati penyakit cacing mata pada ayam bangkok.

Penyakit mata yang menyerang ayam peliharaan ini sebabkab oleh cacing putih yang biasanya sering disebut juga Oxycyspira. Penyakit ini sering sekali menular karena adanya lipas, atau adanya keadaan yang lembab dan berdebu. Udara yang kotor di sekliling kandang juga bisa mempengaruhi penyakit mata pada ayam peliharaan kita. Faktor lain juga bisa terjadi jika burung burung kecil seperti burung gereja. Penyebab lain bisa juga melalui munculnya kecoa serta lalat yang sering sekali membawa kuman.

Gejala Penyakit Cacing Mata Pada Ayam Peliharaan

  1. Ayam bangkok sering menggosokkan mata nya dengan kaki ataupun sayap sang ayam sendiri. Di karenakan rasa gatal dan sangat menganggu dai sang ayam akibat nya mata ayam akan semakin terluka.
  2. Keseharian biasanya nafsu makan ayam bangkok akan berkurang karena tidak ada nafsu untuk makan di bandingkan sebelum terkena penyakit cacing mata ini.
  3. Adapula kebiasaan lain pada ayam bangkok yaitu merasa tidak tenang dan gelisah. Ayam peliharaan kita pun akan panik dengan dirinya sendiri karena merasa ada janggal di mata nya.
  4. Sering juga kita jumpai penyebab lain yaitu mencret atau pun pencernaan pada ayam bangkok tidak lancar.
  5. Seiring waktu mata ayam akan terlihat membersar dan lebih besar di karenakan proses pembengkakan yang terjadi.

Berikut Ini Pencegahan Yang Di Lakukan Pada Penyakit Cacing Mata Pada Ayam

  1. Untuk ayam yang sudah terkena penyakit ini agar dapat di eksekusi dengan maksud di pisahkan ke kandang lain untuk mendapatkan perawatan serta pengobatan.
  2. Demikian dengan kandang yang sebelum nya di gunakan harus segera di bersikan dan di cuci sampai benar benar bersih. Selanjut nya keringkan kandang di bawah sinar matahari lalu setelah kandang kering dapat di berikan obat lodophor.
  3. Ganti lantai atau kandang dengan yang baru dan hindari dari debu dan juga semportkan kembali obat yang sama yaitu lodophor.
  4. Ayam yang masih sehat dapat dipindahkan ke kandang lain yang amsih baru dan juga terkena sinar matahai yang cukup.
  5. Kemudian kandang yang lama dapat di bersihkan dengan betul betul bersih. Jika ketemu bangkai kecoak ataupun lalat maka harus di bersihkan lagi sampai benar benar bersih.

Berikut Ini Cara Pengobatan Yang Di lakukan Pada Penyakit Cacing Mata Pada Ayam

  1. Larutkan 5 persen creloin pada air yang bersih dan larutan tersebut dapat di teteskan pada cacing mata yang berada di sekitaran mata ayam peliharaan kita.
  2. Kemudian ambil lah gunting kuku atau pinset dan carilah cacing yang berada di sekeliling mata ayam peliharaan.
  3. Setelah pengambilan cacing mata telah selsai di lakukan dan selanjut nya mata ayam dan sekeliling dari mata ayam di cuci menggunakan air hangat.

Demikian lah informasi yang kami pemain ayam dapat berikan tentang Mengobati Penyakit Cacing Mata Pada Ayam Peliharaan. Semoga dapat membantu para sobat pemain ayam dalam mengobati serta mencegah ayam peliharaannya terkena penyakit cacing mata ini. Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan