Mohon tunggu...
Maulidia Wardani
Maulidia Wardani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi IAIN Jember Jurusan Pendidikan Islam Prodi PAI FTIK '17

TTL : Jember Status: Mahasiswa di IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Money

Enterpreneurship (Marketing Plan) Kelompok 5

8 April 2020   13:22 Diperbarui: 8 April 2020   13:36 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Marketing Plan
Oleh Kelompok 5
Baik, disini Saya Maulidia Wardani (T20171357) akan memaparkan hasil rekapan saya terkait dengan Marketing plan.
Marketing Plan yakni merupakan sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategi marketing atau cara pemasaran untuk mencapai target dalam menjalankan suatu bisnis. Adapun unsur-unsur dari marketing plan yaitu:

1. Ringkasan dan tujuan perusahaan yakni merupakan unsur 1 didalam membuat marketing plan dimana seorang usahawan membuat tujuan dari usaha yang akan dibuatnya.

2. Menentukan Target dan standart yang harus dicapai yakni merupakan unsur ke 2 di dalam membuat marketing plan dimana seorang usahawan harus mengetahui terlebih dahulu terkait dengan target  serta standart produk yang dibuatnya.

3. Menentukan Target pasar yakni sebagai usahawan kita harus mengetahui target yang ada dipasar dengan cara melakukan sebuah observasi langsung untuk mengetahui situasi serta kondisi yang ada di pasar.

4. Menetapkan Konten Promosi yakni dibuatnya suatu promosi agar produk yang kita buat bisa diketahui dan dikenal oleh masyarakat serta juga untuk menarik penjual agar membeli produk yang kita pasarkan.

5. Kenali kompotitor yakni dimana kita sebagai usahawan harus bisa mengenal lawan/saingan kita di pasaran, kita harus bisa mengetahui produk dari lawan bisnis kita dengan tujuan agar kita bisa membidik daya tarik konsumen kepada produk kita dibandingkan dengan produk lawan.

6. Tetap fokus dan berprioritas maksudnya ialah dimana seorang usahawan harus bisa tetap fokus pada 1 tujuan dimana ketika kita mempunyai banyak ide maka kita cukup fokus kepada satu ide atau satu tujuan tersebut.

7. Menetapkan budget yakni kita harus mengetahui berapakah modal usaha yang kita punya.

8. Segmentasi yaitu mengelompokkan kebutuhan konsumen menurut area atau lokasi konsumen. Semisal ketika di area kampus IAIN alangkah lebih tepatnya jika kita membuka usaha jualan kerudung.

CARA DAN RANCANGAN MARKETING PLAN
1. Membuat profil perusahaan
2. Membuat target costumer
3. Menentukan keunikan dari produk yang kita produksi
4. Menentukan Strategi harga
5. Rencana distribusi yang jelas
6. Membuat strategi promosi yang baik

TARGETING DAN POSITIONING

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun