Model desain pembelajaran merancang perencanaan sebelum pembelajaran ,tujuan dari desain pembelajaran adalah untuk menghasilkan rancangan dan mencapai tujuan tertentu dari pembelajaran yang menjadi pedoman bagi setiap guru. artikel ini akan membahas mengenai model desain ADDIE. desain ini sangat diperlukan karena dapat mengembangkan kemampuan guru, mengembangkan sumber belajar, mengembangkan sistem pembelajaran. model ini sudah menujukkan peranannya dalam tercapainya tujuan pembelajaran. ADDIE adalah model yang mudah untuk digunakan dan dapat diterapkan dalam kurikulum yang mengajarkan pengetahuan, keterampilan, ataupun sikap (Cheung,2016). Model desain ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu :
1. Analysis (analisis)
Guru menganalisis apa penyebab terjadinya masalah dalam pembelajaran dan memikirkan atau memutuskan mata pelajaran apa yang akan diberikan. analisis terdiri dari validasi, menentukan tujuan instruksional, menganalisis pelajar, mengaudit sumber yang memungkinkan, mengubah sebuah rencana pengelolaan proyek.
2. Design (desain)
Guru merancang metode dan strategi sebelum pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
3. Development (rancangan)
mengembangkan pengalaman siswa dan guru yang akan dituangkan dalam pembelajaran untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan tujuan. Didalam rancangan akan menghasilkan isi, memilah dan mengembangkan media pendukung, mengembangkan bimbingan untuk Siswa, mengembangkan bimbingan untuk guru, dan melakukan uji coba.
4. Implementation (implementasi)
Guru menyalurkan hasil akhir pembelajaran kepada pendengar, dalam tahap ini melibatkan guru dan murid.
5. Evaluation (evaluasi)
Guru melakukan penilaian hasil produk akhir apakah produk akhir pembelajaran tersebut efektif atau tidak, jika ada pembaharuan maka akan mengulang kembali ke tahap awal atau tahap analisis.
Keunggulan dari model desain ADDIE ini adalah model desain pembelajarannya bersifat sistematis atau urut artinya model desain ini tidak bisa diacak atau melewati satu tahap, model desain pembelajarannya bersifat sederhana, lengkap dan terstruktur, memperhatikan perkembangan kognitif (penalaran, pemahaman, kecerdasan), afektif (berkaitan dengan nilai dan sikap), dan psikomotorik (keterampilan gerakan, kemampuan fisik). Sedangkan kekurangan dari model desain ADDIE ini adalah pada tahap analisis membutuhkan waktu yang Panjang karena memikirkan terlebih dahulu pembelajaran apa yang cocok untuk siswa dan mencari tahu apa penyebab atau permasalahan dalam pembelajaran.selain itu  tidak ada perubahan atau revisi selama proses atau setiap tahapannya, jadi jika tidak berhasil maka mengulang mulai tahap awal dan dirasa kurangnya panduan dan kekhususan atau rincian tentang cara melakukan setiap tahapan atau metode apa yang akan digunakan. Oleh karena itu, Pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran yang memperhatikan bagaimana rencana dan proses pelaksanaannya, materi yang disiapkan harus direncanakan dengan matang dan didukung dengan model dan metode yang sesuai.