Mohon tunggu...
Resa Maulana Wijanarko
Resa Maulana Wijanarko Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atmajaya Yogyakarta

Full time learner

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Perkembangan Teknologi Membawa Angin Segar bagi Media Komunikasi

26 Agustus 2019   01:25 Diperbarui: 26 Agustus 2019   03:00 0 2 0 Mohon Tunggu...
Perkembangan Teknologi Membawa Angin Segar bagi Media Komunikasi
Sumber: www.iamwire.com 

Teknologi merupakan suatu pengetahuan yang diterapkan oleh manusia untuk menyelesaikan suatu masalah. Misalnya pada zaman dahulu, banyak orang susah ketika akan berkomunikasi dengan orang lain, oleh karena itu muncul teknologi bernama Surat kemudian berkembang sampai sekarang.

Dari perkembangan teknologi itulah muncul media media yang digunakan oleh banyak orang, entah untuk mencari informasi, memberi informasi, menyapa saudara, maupun teman.

Banyak dari kita sekarang menyebutnya sebagai teknologi komunikasi. Nah, menurut McOmber (dalam Abrar, 2003) mengaitkan bahwa teknologi berhubungan juga dengan kebudayaan. Apa saja itu?

Pertama, Teknologi komunikasi dianggap sebagai cerminan dalam masyarakat yang bebas, dan bisa menciptakan sebuah perubahan.

Kedua, Teknologi komunikasi bisa digunakan sebagai produk industri, dalam arti yang lebih luas bisa dikomersilkan.

Ketiga, Teknologi Komunikasi melahirkan alat-alat baru yang berguna bagi masa depan media komunikasi. 

Nah, sebenarnya media itu apa sih?

Williams (dalam Lister, dkk, 2003) menjelaskan, bahwa sudah lebih dari 60 tahun 'Media' yang tadinya merupakan sebuah kata bersifat jamak yakni 'medium', berkembang menjadi suatu sebutan tunggal namun bersifat kolektif yakni 'sebuah media'. Dalam masa sekarang teknologi berkembang lebih kepada arah  "media komunikasi".

Dalam media komunikasi berkembang pula pekerjaan-pekerjaan di dalamnya, misalnya pekerjaan tersebut ada di dalam media pers, fotografer, sinematografer, media penyiaran dan sebagainya. Pekerjaan itu muncul karena ada perkembangan teknologi dan media tersebut.

Thompson (dalam Lister, dkk, 2003) menjelaskan istilah ini juga merujuk pada produk budaya dan material dari lembaga-lembaga tersebut (yang berbeda bentuk dan genre berita, film jalanan, opera sabun yang mengambil bentuk materi dari
koran, buku paperback, film, kaset, cakram

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x