Mohon tunggu...
Ima Rochmawati
Ima Rochmawati Mohon Tunggu... Perempuan suka seni, langit, pohon, pasar, makan, masak, jalan-jalan, kopi, buku dan beres-beres rumah.

Blog adalah ruang bermain dan berkarya. http://matakubesar.com http://matakubaca.blogspot.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

JNE Kopiwriting: Mewujudkan UMKM ke Ranah Internasional

20 Juli 2019   14:27 Diperbarui: 21 Juli 2019   14:20 0 0 0 Mohon Tunggu...
JNE Kopiwriting: Mewujudkan UMKM ke Ranah Internasional
Acara JNE Kopiwriting di Bandung.  Foto: Ima

Kota Bandung merupakan sektor usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) terbanyak di Indonesia.  Kreatif dan produktif.  Pergerakan ini tentu harus dipelihara dan didukung oleh berbagai sektor, agar kondisi masyarakat semakin maju dan stabil.  Banyak orang-orang yang memiliki ide tapi tidak produktif, begitupun sebaliknya banyak yang produktif tapi tidak inovatif, ada juga yang inovatif tapi kekurangan modal.  Itu persoalan yang kerap terjadi di lingkungan usaha. 

Persoalan ini dipetakan dalam acara JNE Kopiwriting di One Eighty Coffee and Music di sudut Jalan Ganesha Bandung.  Pembicaranya dari perusahaan ekspedisi JNE Ibu Hasmeliyani Suseno, sekretaris Dekranasda Pemprof Jabar-Ibu Neneng Komara, dan  Adit Yara sebagai pelaku usaha merk NIION.  Sangat menarik kolaborasi pembicara ini memaparkan berbagai persoalan dan solusi pengusaha dan bagaimana mengelola peran masing-masing.

JNE sebagai salah satu perusahaan pengiriman barang yang besar, memiliki peran penting bagi pelaku usaha.  Sekarang ini pelaku usaha kerap menggunakan aplikasi, media sosial dan platform Ecommerce untuk memasarkan barang maupun jasa.  Sehingga kebutuhan jasa pengiriman, pengangkutan barang menjadi salah satu ujung tombak agar barang bisa sampai pada konsumen dengan aman.  Kalau layanan ini tidak ada, barang tidak akan menyebar ke berbagai titik.  Oleh karenanya, perkembangan teknologi e-commerce, media sosial, perlindungan pemerintah dan jasa kurir menjadi jejaring yang saling mendukung.  Kolaborasi usaha yang saling dibutuhkan dan saling diuntungkan. 

Nara sumber kiri ke kanan: MC, Neneng Komara, Hesmeliyani Suseno, Adit Yara. 
Nara sumber kiri ke kanan: MC, Neneng Komara, Hesmeliyani Suseno, Adit Yara. 

Dengan perkembangan fungsi teknologi dan inovasi yang semakin maju, pola ini membuat roda perekonomian lebih dinamis.  Setiap orang bisa menjadi pedagang, kapanpun, dimanapun, berapapun usianya.  Segmen pasar yang membutuhkan produk bisa siapa saja dan dari mana saja.  Jarak menjadi tidak terbatas karena JNE memiliki fasilitas moda transportasi dan pekerja yang menyebar di berbagai sudut di Indonesia. 

Sekarang ini JNE mempunyai 715 cabang dari Sabang sampai Merauke.  Kantor cabang utama ada 60, motor 8859, 45.000 pegawai, paketnya 600 warehouse.  Dari 100% pengiriman barang, 48% paket merupakan produk fashion.  Bahkan JNE membuka kerjasama pelayanan fulfillment logistik, pelayanan JESIKA (Jemput Asi Seketika), dan PESONA pelayanan pengiriman makanan khas lokal dari berbagai daerah.

Semeja dengan kompasianer militan menyimak acara JNE Kopiwriting.
Semeja dengan kompasianer militan menyimak acara JNE Kopiwriting.

Seringkali pelaku usaha yang permintaan barangnya tinggi menyebabkan penurunan konsentrasi terhadap pengembangan desain dan penjualan, karena pelaku usaha kerap disibukan mengurus proses warehouse dan packaging.  Oleh karena itu, JNE menyediakan pelayanan Fulfillment  Logistik yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha (UMKM) yang membutuhkan proses distribusi yang sangat tinggi. Sehingga pelayanan penuh dalam mengatur barang, packing, penggiriman dilakukan semua oleh JNE. 

Selain itu banyak UMKM dibidang kuliner terbatas jarak karena terhambat tingkat kadaluarsa.  Sekarang masalah ini sudah ada solusinya, JNE memberi pelayanan buat pengusaha kuliner yang mendapat pesanan dari luar kota.  Nama pelayanan khusus bidang kuliner ini namanya PESONA.  Katakanlah kita kangen makanan khas Medan, pempek Palembang, Bakpia Pathuk Jogja  karena pernah wisata kesana.  Kini tidak perlu datang kesana lagi, tapi bisa pesan dan dikirim menggunakan fasilitas PESONA JNE yang khusus mengirim barang berupa makanan. 

Proses perkembangan inovasi pelayanan ini tentu menjadi angin segar buat pelaku usaha.  Bisa menjadi jalan bagi pelaku kreatif menerima berbagai pelayanan bagi konsumen yang membutuhkan dimanapun berada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3