wesiyadi
wesiyadi broadcast engineer

Mencoba berbagi dengan menulis untuk internet. punya blog di www. maswes.com www.partisikantor-sms.com

Selanjutnya

Tutup

Media

Belajar Menulis Posting Blog Untuk Pemula

17 Februari 2016   18:29 Diperbarui: 17 Februari 2016   18:36 32 1 1

Blog pertama kali dipopulerkan oleh Pyra Labs, Blogger yang sekarang telah diakuisisi Google pada akhir tahun 2002 tetap langgeng hingga sekarang. Minat untuk memiliki blog tidak pernah surut dari tahun ke tahun. Banyak alasan orang ingin memiliki blog (pribadi) mulai dari berbagi informasi, menuangkan ide-ide, curhat melalui tulisan, mencari teman hingga mencari nafkah.

Menulis artikel menarik adalah kunci kesuksesan sebuah blog mendapatkan trafik yang tinggi. Apalagi jika ditambah dengan melakukan posting artikel secara kontinyu menjadi lengkap kesuksesannya. Moto "Content is the King" harus dianut setap blogger.

Apakah untuk menjadi blogger harus memiliki jiwa jurnalistik atau bakat menulis? Benar. Tetapi untuk menulis artikel bisa dilatih. Bisa karena biasa, semakin sering dilakukan semakin baik kualitas yang dihasilkan.

Untungnya untuk menulis sebuah artikel blog, tidak diwajibkan menulis hingga beribu-ribu kata. Tetapi cukup artikel pendek dengan jumlah 300 kata (minimal). Karena pada umumnya pengguna internet tidak suka membaca artikel yang panjang. Mereka cenderung tergoda untuk segera mengklik tautan lainnya.

Berikut tips mudah menulis artikel blog untuk pemula

1. Cari topik yang paling Anda minati dan batasi topik Anda. Misal Anda menyukai bidang komputer, cukup ambil topik tentang USB.

2. Seorang penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik pula. Dengan membiasakan diri membaca akan menginspirasi ide-ide di pikiran Anda untuk menulis. Itu secara otomatis akan terbentuk.

3. Menulis adalah gagasan, maka kumpulkan referensi atau buku yang bisa mendukung gagasan tulisan. Tidak perlu banyak buku yang harus Anda kumpulkan, 1 atau 2 buku mungkin sudah cukup. Baca dan simak. Jika malas mencari buku, cukup browsing dan cari tulisan yang seide dengan gagasan.

4. Mulailah menulis dan jangan pernah ragu untuk menulis. Sebagai pemula buatlah kerangka dasar yang menjadi paragraf, dimulai dari menulis: a) Gagasan yang akan menjadi topik atau judul; b) Memperkenalkan gagasan Anda; c) Isi gagasan Anda; d)Kesimpulan.

Sebagai pemula buatlah gagasan yang memiliki batasan yang tidak luas, toh, kita hanya membutuhkan setidaknya 300 kata saja. Jika Anda kesulitan mendapatkan ide kalimat, Anda bisa mencontek plek dari referensi. Setelah Anda selesai menulis, baca hasil tulisan Anda. Perbaiki kalimat-kalimat yang belum memenuhi kaidah penulisan dengan benar. Rubah sedikit kalimat yang Anda contek sebelumnya.

Lakukan cara tersebut berulang kali dan kunci utamanya adalah sering membaca. Ketika mulai membuat blog, sebagai pemula jangan pernah memikirkan kata kunci, SEO (Search Engine Optimization) dan trafik. Hal tersebut secara alamiah akan terbentuk dengan sendirinya ketika kita terus menambah wawasan.

Cara inilah yang saya lakukan sebagai blogger pemula.

 

sumber:

wikipedia.org

maswes.com