Mohon tunggu...
Toto Sudiyanto
Toto Sudiyanto Mohon Tunggu... Guru - SMKN 1 Bongas - Indramayu

CEO dan Founder di TOSU NET MEDIA - https://www.tosupedia.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Alkoholisme pada Remaja: Semua yang Perlu Orangtua Ketahui

26 November 2022   20:16 Diperbarui: 28 November 2022   20:45 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Alkohol pada Remaja - Foto: Ketut Subiyanto (Pexels)

Konsumsi alkohol pada remaja semakin sering terjadi, namun dapat menimbulkan akibat yang serius. Dalam artikel kali ini beberapa tips untuk mencegah konsumsi alkohol pada anak-anak.

Konsumsi alkohol dipandang cukup normal dalam masyarakat kita saat ini, bahkan dianggap sebagai aktivitas yang diinginkan. 

Minuman beralkohol hadir dalam berbagai jenis situasi dan harus dimiliki dalam banyak perayaan dan pertemuan keluarga dan teman. Jika alkohol menimbulkan risiko bagi orang dewasa, bayangkan betapa seriusnya alkoholisme pada remaja.

Diperkirakan lebih dari 76% remaja telah mengonsumsi alkohol pada suatu waktu dalam hidup mereka dan hampir 28% telah mabuk dalam sebulan terakhir. 

Mengonsumsi minuman beralkohol sangat umum di kalangan populasi remaja dan konsumsi pertama terjadi pada usia yang semakin muda.

Mengingat data ini, sangat penting bagi orang tua untuk mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan anak-anak mereka tidak menderita akibat jangka pendek dan jangka panjang. Jika Anda tidak tahu cara mulai mengatasi masalah ini, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Apa penyebab alkoholisme pada remaja?

Agar pencegahan menjadi efektif, penting untuk memahami alasan yang menyebabkan kaum muda mengonsumsi alkohol. Pertama-tama, tidak diragukan lagi bahwa normalisasi konsumsi dan kemudahan akses adalah poin utama.

Dengan cara ini, kaum muda tidak hanya meremehkan risikonya, tetapi mereka juga bisa mendapatkan minuman beralkohol dengan mudah. 

Di sisi lain, sifat remaja dapat berkontribusi pada konsumsi karena beberapa alasan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun