Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Membumikan Pancasila dengan Tindakan Bukan Sekadar Kata-kata

1 Juni 2021   22:31 Diperbarui: 1 Juni 2021   22:32 77 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membumikan Pancasila dengan Tindakan Bukan Sekadar Kata-kata
Buku saku Penataran P4 (DokPri)

Bagi generasi yang kuliah tahun 85-an pasti kenal buku merah di atas. Judulnya Menegakkan Wawaan Almamater. Tulisan Nugroho Notosusanto.

Topik pilihan yang disodorkan mimin kali ini tentu ada relevansinya dengan peringatan hari lahir Pancasila. Apakah Pancasila sudah terlupakan?

Terlepas dari perdebatan kapan tepatnya Pancasila dilahirkan. Tanggal 1 Juni atau tanggal 18 Agustus 1945? Akan tetapi Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup babgsa sudah tak terbantahkan.

Memang ada sinyalemen terjadi penurunan dalam penghayatan dan pengamalan Pancasila. Terdapat banyak perilaku masyarakat yang tidak lagi mencerminkan sila-sila Pancasila.

Membumikan Pancasila

Presiden Jokowi sebagai pemimpin upacara (Tangkap layar-DokPri)
Presiden Jokowi sebagai pemimpin upacara (Tangkap layar-DokPri)

Tepat sekali ajakan presiden Jokowi. Dalam pidato singkat pada acara peringatan hari lahir Pancasila secara daring. Presiden Jokowi mengajak setiap elemen masyarakat untuk membumikan Pnacasila.

Presiden Jokowi mengingatkan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap eksistensi Pancasila.

Transnasionalis radikal yang berusaha merusak sendi-sendi dasar suatu negara saat ini tengah mendaoatkan momentumnya. Dengan bantuan kemajuan teknologi 4G. Pengaruh transnasional radikal bisa menyusup melintasi batas-batas negara dan lintas generasi.

Untuk menangkalnya tidak ada kata lain selain mengamalkan Pancasila dengan tindakan nyata. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bukan sekedar dengan kata-kata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN