Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Nyasar Tiga Pekerjaan Sebelum Menjadi Guru

29 Maret 2021   07:24 Diperbarui: 29 Maret 2021   07:26 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: republika.co.id

Tahun 1992 saya merantau ke Jakarta setelah lulus kuliah dari IKIP serahun sebelumnya. Sempat bertualang dengan 3 pekerjaan sebelum kembali ke dunia pendidikan.

Realitas di kota metropolitan mengajarkan profesi tidak harus linier dengan pendidikan. Pendidikan hanya sebatas pondasi belaka. 

Jalani prosesnya dengan legowo. Anggap saja sedang berguru pada kehidupan. Serap pengalaman sebanyak mungkin. Alhamdulillah si indah datang juga pada akhirnya.

Sempat membaca situasi kota metropolitan selama sebulan. Hal pertama yang saya lakukan adalah melengkapi administrasi kependudukan.

Ini yang unik. Hal lain yang saya lakukan adalah mempelajari rute buskota. Ya jalur perjalanan angkautan umum. Pernah dalam satu hari saya mencoba semua jalur buskota.

Tujuan saya untuk menghapal rute angkutan kota. Jadi seandainya mau mengantar lamaran kerja atau memenuhi panggilan wawancara tidak nyasar.

Sempat ngannggur 3 bulan akhirnya saya mendapatkan pekerjaan yang pertama. Bukan sebagai guru tapi salesman.

Sebagai salesman barang-barang peralatan rumah tangga. Menggunakan mobil kanvas.  Bersama tim kami mendatangi rumah-rumah calon pelanggan. 

Hanya kuat selama 6 bulan. Tapi saya belajar bagaimana berkomunikasi dengan tim dan orang lain.

Lepas dari pekerjaan salesman. Saya bekerja di perusahaan pertamanan. Sebagai tenaga administrasi gudang. Mencatat keluar masuk barang.

Tanaman hias di teras yang senantiasa subur (DokPri)
Tanaman hias di teras yang senantiasa subur (DokPri)
Perusahaan ini memberikan jasa pembuatan taman dan penyediaan tanaman hias untuk taman. Barangkali dari sini imbasnya sampai sekarang saya suka menanam dan menjual tanaman hias.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun