Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Sebulan Saya Masih Buta

20 Juni 2020   20:05 Diperbarui: 20 Juni 2020   19:54 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini sebulan yang lalu, tepatnya 20 Mei 2020, genap sebulan sudah saya ber-Kompasiana.  Sebenernya saya membuat account Kompasiana tanggal 9 Mei tetapi baru tanggal 20 Mei lah saya mulai menulis.  

Gegara pandemi covid-19 jadilah saya termasuk golongan kaum rebahan.  Selama rebahan saya iseng-iseng baca buku-buku di perpustakaan mini di rumah. Habis membaca buku muncullah ide dan pengin menulis biar isi otak ini diketahui orang lain.  Lahirlah tulisan saya yang pertama, Membaca Menulis. 

Sejujurnya setelah sebulan ber-Kompasiana saya masih buta tentang perbloggingan ini.  

Saya masih inget pada tulisan pertama pengin pasang foto-foto kolase artikel saya semasa masih kuliah, tapi gak tau caranya uploud.  Jadilah tulisan pertama itu tanpa ilustrasi.  Pun saya hanya mampu menulis sebanyak 423 kata.  Jadi wajar kalau tulisan pertama saya hanya dilirik oleh 9 orang Kompasiner.  Gak menarik blas !

Masih soal uploud foto, kemarin saya sempat kena teguran penjaga gawang Kompasiana.  Masalahnya saya salah mencantumkan sumber foto.  Baru ngeh, Google adalah mesin pencari informasi bukan penyedia konten foto.  Begitulah ke-buta-an saya tentang tekonologi informasi.  

Kebutaan saya yang parah ya tentang Kategori, Terpopuler, Pilihan Editor, Topik Pilihan, Kompasianer Pilihan, Label dan Nilai Tertinggi.  Terus terang saya kadang kesulitan menentukan kategori tulisan, bahkan sepertinya beberapa kali Kompasiana memilihkan kategori yang tepat untuk  tulisan saya.  

Saya masih bingung dari 22 tulisan saya, sepuluh di antaranya menjadi topik pilihan.  Menurut data saya sudah mengumpulkan 208 poin, gimana ngitungnya saya masih buta.  Jadi gak mungkin saya mimpi menjadi Kompasianer Pilihan atau mendapatkan Nilai Tertinggi.  Ngeliatnya aja silau, taku malah menambah kebutaan saya.

Niat awal saya menulis di Kompasiana memang untuk menyalurkan hobi semata.  Tulisan-tulisan saya memang hanya tentang hal-hal yang remeh temeh saja.  Tetapi saya pengin tulisan saya enak dibaca oleh Kompasianer, itu saja.  Saya akan menulis tentang apa saja yang terlintas, saya tidak mematok pada satu genre tulisan. 

Saya bersyukur banget setelah sebulan ber-Kompasiana tulisan-tulisan saya sudah dibaca oleh 413 Kompasianer dengan 10 komentar.  Alhamdulillah juga saya sudah diiukti oleh 5 followers !

Sebagai debutan saya akan banyak belajar kepada para Junior, Taruna, Penjelajah, Fanatik, Senior dan para Maestro.  Belajar bagaimana beliau-beliau bisa begitu konsisten untuk terus menulis, begitu produktif dan begitu bernas tulisan-tulisannya.  Saya ingin menghilangkan kebutaan ini.

Bismillah!

Jkt, 200620

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun