Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tanamkan Pola Hidup Sehat Sejak Dini

13 November 2019   14:07 Diperbarui: 13 November 2019   15:09 76 0 0 Mohon Tunggu...
Tanamkan Pola Hidup Sehat Sejak Dini
Belajar Cuci Tangan Sebelum Makan (dok. Pribadi)

Hidup sehat perlu kita tanamkan semenjak usia dini pada anak-anak kita. Selain memberi contoh pola hidup sehat, kita sebagai orang tua juga perlu memberi pendidikan pola hidup sehat pada anak kita. Kebetulan saya sebagai pengajar pada lembaga Sekolah Dasar, pola hidup sehat juga diajarkan pada peserta didik kita sejak dini. Kita sebagai pendidik sangat perlu menanamkan pola hidup sehat, sehat itu aset yang sangat berharga untuk meraih masa depannya yanh gemilang.

Pola hidup sehat yang paling mendasar disini untuk anak-anak adalah tentang kebersihan tubuhnya. Mulai dari mencuci tangannya dahulu sebelum makan, menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Mandi pakai sabun agar sehat badannya. Pola hidup sehat yang mendasar ini kita tanamkan sejak dini agar hidupnya sehat dan menjadi kebiasaan sehari-hari untuk kedepannya. Pada kesempatan ini anak didik pada SDN Caruban Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro mendapat materi "Mencuci Tangan Sebelum Makan dan Sesudah Makan".Peserta


Peserta didik mendapatkan materi cara mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan menggunakan sabun agar bisa dipraktekan dalam kehidupannya sehari-hari. Mencuci tangan sebelum makan sangat penting untuk kesehatannya. Mencuci tangan sebelum makan untuk menghilangkan bakteri pada tangan karena tangan digunakan untuk makan. Materi ini sangat penting untuk anak karena anak akan memahami betul pentingnya kesehatan dan kita sebagai guru menanamkan bahwa sehat itu aset. Anak-anak kita beri penjelasan bahwa menjaga kesehatan itu sangat penting. Sangat mahal biaya yang dikeluarkan oleh orang tua kita jika kita sakit, untuk itu kita sebagai anak wajib menjaga kesehatan kita sendiri.

Kegiatan pendidikan hidup sehat ini terus berlangsung dan bertahap pada materi kesehatan selanjutnya. Hidup sehat di rumah, hidup sehat di sekolahan. Mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di rumah, lingkungan sekolah adalah menjadi tanggung jawab kita sendiri. Siapa yang menjaga kesehatan kita kalau bukan diri kita sendiri. Semoga dengan menanamkan pola hidup sehat sejak dini dapat membantu mereka untuk menjaga kesehatannya. Karena hidup sehat adalah aset  yang harganya tidak dapat diukur dengan harta kekayaan kita.

Harta kita tidak ada artinya jika kita tidak sehat karena tidak bisa menikmatinya. Jadikan hidup sun life bersama keluarga kita tercinta. Ketika Anda dan keluarga tercinta sakit, maka Anda memerlukan perawatan yang berkualitas untuk bisa kembali prima sehingga bisa kembali menjalani rutinitas seperti biasa. Sun Medical Platinum merupakan asuransi tambahan yang memberikan perlindungan kesehatan secara lengkap hingga usia 88 tahun. Di samping itu, produk asuransi ini merupakan asuransi kesehatan pertama di Indonesia yang menyediakan perawatan untuk efek samping kemoterapi dan terapi pendukung untuk pemulihan seperti terapi wicara serta terapi okupasi.(sumber)

VIDEO PILIHAN