Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Pra Daftar CPNS 2019

13 November 2019   00:45 Diperbarui: 13 November 2019   01:22 0 1 0 Mohon Tunggu...
Tips Pra Daftar CPNS 2019
Kartu SSCN 2019 (dok. Pribadi)

Siapa yang ingin gagal daftar cpns 2019?

pertanyaan diatas siapa yang ingin gagal daftar cpns tahun 2019 pasti secara serentak jawabannya tidak. Oleh karena itu ada berbagai tips agar anda tidak mengalami kegagalan saat daftar cpns nanti. Tips ini untuk pra daftar cpns dan setelah daftar cpns bukan termasuk tes cpns, karena untuk tes adalah kemampuan pribadi anda yang di ukur dengan passong grade.

1. Baca Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019

Membaca buku petunjuk cara pendaftaran cpns sebelum melakukan pendaftaran bisa mempermudah anda nantinya melakukan pendaftaran. Dalam buku tersebut sudah dijelaskan langkah-langkahnya mulai dari pembuatan akun sscn 2019 sampai cetak kartu informasi akun, isi biodata dan pemilihan formasi jabatan, unggah dokumen, resume dan cetak kartu pendaftaran. 

Pelajari semua materi yang ada dalam buku tersebut sampai anda paham betul. Banyak kesalahan terjadi pada teman-teman kita tanpa membaca dahulu buku petunjuknya, langsung daftar dan bingung disaat ada kendala saat pendaftaran. Buktinya ramai di media sosial yang bertanya hal sepele tentang cara pendaftaran cpns, membuat akun sscn. Padahal dalam buku tersebut sudah gamblang dan detail penjelasannya.

2. Tentukan Formasi Sesuai Ijasah

Sebelum mendaftar sebaiknya juga baca formasi cpns yang ada pada instansi yang kamu tuju untuk mendaftar cpns. Pastikan formasi yang anda tuju sesuai dengan ijasah kamu. Contoh Guru Kelas SD. Ijasah kamu juga harus S1 PGSD. Jangan Sarjana Bahasa Inggris Daftar Formasi Guru Kelas. Pilih formasi yang sesuai dengan ijasahmu, atau dibalik sesuaikan ijasah kamu pada formasi yang layak untuk ijasahmu. Jangan dipaksakan memilih yang tidak sesuai dengan ijasahmu.

3. Persiapkan Syarat dan File Scan

Setelah memilih jenis jabatan dan formasi pada satu instansi langkah selanjutnya adalah menyiapkan syaratnya. Syarat tersebut bisa kamu scan terkebih dahulu sesuai syarat yang duminta. Misalnya siao KTP dan Kartu Keluarga untuk membuat akun sscn. Jadi saat membuat akun dscn kita sudah siap nomor ktp dan nomor keluarga. Scan semua syarat yang dibutuhkan dan jadikan satu folder agar saat nanti kita upload syarat tidak bingung mencarinya.

Baca juga : NUPTK Jadi Harapan Guru Baru, ini cara usulnya

4. Pastikan Email Masih Aktif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN