Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Solusi Akun SIM PKB Terdeteksi Dua Nomor UKG

24 Oktober 2019   01:59 Diperbarui: 24 Oktober 2019   02:23 0 0 0 Mohon Tunggu...
Solusi Akun SIM PKB Terdeteksi Dua Nomor UKG
Sumber: screnshoot gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk

Akun SIM PKB yang juga disebut akun guru pembelajar adalah akun yang dimiliki seorang guru du lingkungan kemdikbud. Akun ini banyak sekali fungsinya, mulai dari penjaringan diklat guru, program diklat k13, program diklat pkp dan tempat mendaftar calon peserta akademik pretes ppg tahun 2019 yang akan ditutup tanggal 31 Oktober 2019.

Kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah saat akun sim pkb guru terdeteksi muncul dua nomor ukg, jadi nama dan nomor ukg anda ada dua. Ini sering terjadi pada guru TK yang belum mengikuti program ppg atau dengan kata lain belum bersertifikat pendidik. Anda bapak dan ibj guru bisa mengetahui ini melalui laman cari data gtk.

Baca Cara Cari Data GTK Guru

Setelah anda masuk laman cari data gtk masukan nama anda dan tanggal lahir anda maka akan muncul nama-nama yang anda ketik tadi, pilih yang sesuai dengan nama dan lembaga anda, jika muncul dua nama dan dua nomor ukg berarti anda harus memilih salah satu dari nomor ukg anda. Pilih nomor yang sudah terdeteksi koneksi dengan aplikasi dapodik lembaga anda, karena akun itulah yang bisa digunakan untuk mendaftar sebagau calon peserta akademik pretes ppg tahun 2019.

Lakukan register nomor ukg anda yang terkoneksi dengan dapodik, lalu cetak hasil registernya. Karena hasil cetak register tadi berisi user dan pasword anda untuk login di SIM PKB yang baru.

Baca Langkah Terdeteksi dua akun sim pkb

Setelah bisa login di akun sim pkb yang baru segera isi data sesuai dengan data pribadi anda, mulai mapel pkp, satminkal anda sudah benar atau belum, lalu cetak ajuan perubahan. Cetakan ajuan perubahan ini anda bawa pada operator dinas kabupaten untuk mendapat persetujuan. Selanjutnya anda minta ketua komunitas pada komunitas setempatbuntuk memasukan nama anda, jika semua proses sudah berhasil anda lakukan, anda baru bisa mendaftar pretes ppg jika memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh sisten dengan tanda centang hijau semua.

Sumber: screnshoot gtk.belajar.kemdikbud.go.id
Sumber: screnshoot gtk.belajar.kemdikbud.go.id
Gambar diatas ini adalah contoh akun sim pkb yang bisa mendaftar sebagai calon peserta pretes ppg tahun 2019. Semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu guru.

Baca juga Cara Cek Info GTK Semester 1 Tahun 2019

KONTEN MENARIK LAINNYA
x