Mohon tunggu...
Mas Kuncoro
Mas Kuncoro Mohon Tunggu... Guru - Profil Saya

Seorang Guru eSDe Yang Gemar Menulis di blog. Untuk mengikuti tulisan terbaru saya, silakan FOLLOW! Silakan tinggalkan komentar agar bisa saya kunjungi balik. Salam jabat erat!

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Kenapa Orangtua Tidak Mengerti Perasaan Anak Remaja? Ini Analisanya!

5 Januari 2024   20:01 Diperbarui: 5 Januari 2024   20:07 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Pexels.com @Kindel Media

MASKUNCORO - Dalam beberapa kesempatan, kadang bahkan sering terdengar, kenapa orang tua tidak mengerti perasaan anak remaja? Mari coba kita selami bersama-sama.

Ketidakpahaman antara orang tua dan anak remaja seringkali muncul karena perbedaan dalam perspektif, pengalaman hidup, dan lingkungan sosial. 

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan ketidakpahaman ini antara lain:

Pertama, perbedaan generasi sering kali menciptakan jurang komunikasi. Orang tua dan anak remaja tumbuh dalam era yang berbeda dengan pengalaman hidup yang berbeda pula. 

Nilai-nilai, norma, dan teknologi yang dominan pada masa masing-masing dapat menciptakan kesenjangan dalam cara pandang terhadap dunia.

Orang tua mungkin sulit memahami tantangan dan tekanan yang dihadapi anak remaja karena mereka tidak tumbuh dalam lingkungan yang sama.

Kedua, perubahan fisik dan emosional pada masa remaja bisa sulit dipahami oleh orang tua. Anak remaja mengalami perubahan hormon yang signifikan, yang dapat memengaruhi suasana hati, perilaku, dan pandangan hidup mereka. 

Orang tua mungkin kesulitan menyelami kompleksitas perasaan dan pikiran anak remaja karena mereka tidak mengalami perubahan serupa pada masa remaja mereka sendiri.

Ketiga, tekanan sosial dari teman sebaya dan lingkungan sekolah juga dapat memainkan peran dalam ketidakpahaman ini. 

Anak remaja seringkali lebih mempertimbangkan pandangan teman sebaya daripada orang tua mereka. Ini dapat membuat orang tua merasa diabaikan atau tidak dipahami ketika mereka mencoba memberikan saran atau arahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun