Mohon tunggu...
Hendra Cahya
Hendra Cahya Mohon Tunggu... Konsultan - MasHendra Namaku

Pengalaman profesional hampir 20 tahun, di PT AXA Insurance Indonesia (sebelumnya bernama PT Mandiri AXA General Indonesia atau MAGI) sebagai Regional Head Jakarta. Sebelumnya, sebagai Business Development Head di PT Zurich Asuransi Indonesia. Area Head & Dept Head di PT Asuransi Adira Dinamika Tbk, sebelumnya juga bekerja dan membangun karir di Asuransi Bumida1967 sebagai Branch Manager & Kepala Bagian. Karena merasa masih muda dan ada darah jawa dan biasa di panggil mas, jd sy sering dipanggil mas hendra. Sangat senang berorganisasi, dulu di kampus aktif di organisasi penalaran mahasiswa, pernah menjabat sebagai Ketua Umum Lembaga Kajian Mahasiswa, lembaga yang mengajarkan kita sebagai manusia yang belajar berdemokratis, tempat belajar retorika, orasi, diskusi, menulis dll. Salam Hangat. Apabila membutuhkan konsultasi dan keperluan asuransi aset atau asuransi kesehatan karyawan dari perusahaan atau individu bisa japri WA ke 087782734164. Email: hendraindonesiashifting@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Asuransi JAGA DIRI: Pelajaran Konsep Pemasaran yang KEKINIAN, Salut atas Terobosan nya...!!

16 September 2015   09:31 Diperbarui: 16 September 2015   10:06 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pemasaran Asuransi ONLINE saat ini mulai tumbuh menjadi primadona, paling tidak menjadi pemecah cara konvensional yang turun temurun kita ketahui. Pemasaran asuransi secara Online terbilang baru di Indonesia, dan belum banyak yang memulai nya secara integral. Mungkin sudah beberapa perusahaan menjalankan namun menurut pengamatan penulis masih bersifat satu arah pada beberapa tahun lalu. Masih bersifat optimalisasi website sebagai basis komunikasi virtual sebuah perusahaan dalam melakukan komunikasi kepada khalayak.

Penggunaan website pada sejumlah perusahaan sejati nya telah lama dilakukan, mulai dari yang sederhana atau statis hingga komunikatif dengan menyediakan menu chat atau dapat berkomunikasi secara real time dengan memanfaatkan fitur ataupun link messengger tertentu. Namun hal tersebut pada dasarnya menjadi cikal bakal dalam melahirkan sistem online yang akan terus berkembang, dan pada 1-2 tahun belakangan ini telah dibuat sistem online yang telah sangat maju mengadopsi perkembangan trend teknologi yang sudah sangat maju. Pemanfaatan teknologi bagu dunia pemasaran sejati nya adalah suatu keharusan pada era IT saat ini, namun modal dan pemahaman menjadi pembeda antar perusahaan ataupun individu dalam pemanfaatan nya.

Penulis mungkin tidak akan mengupas terlalu dalam tentang fenomena, sejarah dan lika liku perkembangan teknologi pada dunia bisnis khusus nya bisnis asuransi. Hal ini karena minim data yang mendasari nya walau pengalaman selama lebih dari 12 tahun di dunia asuransi dapat menceritakan trend perkembangan secara empiris. Baiklah, sesuai judul tulisan maka penulis ingin sekali sedikit memberikan opini tentang Asuransi Jaga Diri yang menurut penulis memberikan terobosan dalam dunia pemasaran online pada tahun 2015 ini. Walau penulis berbeda perusahaan dan tidak mendalami secara orang dalam namun penulis mencoba akan mengulas dari sisi luar sesuai pemahaman dan referensi bacaan yang diketahui. Sekali lagi mengawali dari tulisan ini, salut untuk ide yang telah dimulai dengan action tersebut.

Menurut penulis, dengan produk yang dijual begitu simple membuat target pasar juga tidak akan terlalu kesulitan dalam melakukan eksekusi pembelian. Calon customer tinggal input data diri dan pilihan benefit yang di inginkan, tidak banyak field yang di isi sehingga begitu mudah. Setelah cukup isian di isi, maka simulasi benefit dan premi akan muncul disertai sejumlah keterangan standar benefit produk. Jika calon customer setuju, maka tinggal klik lanjut untuk masuk kepada menu berikut nya, seperti pembayaran dll.

Mengenai detail benefit dan ulasan nya belum sempat saya ungkap seperti nya di tulisan saat ini. Untuk sisi benefit sebenar sudah cukup bagus dan diberikan gimmick yang menarik seperti pengembalian premi setelah 3 tahun sebesar 50% dan tambahan plus lainnya. Namun bila melihat besaran premi dan benefit sebenarnya calon customer bisa memperbandingkan dengan produk asuransi lain, sehingga akan lebih objektif. Seperti bila secara singkat dibanding kan dengan produk di Asuransi Bumida, untuk Produk retail Asuransi Sehatkoe dan Siagakoe di gabungkan, maka akan ketemu perbandingan premi yang cukup besar berbeda hingga 2-3 lebih besar, lebih mahal produk asuransi JAGA DIRI dengan benefit yang secara basic sama namun dengan fitur tambahan yang berbeda agak sulit melakukan head 2 head. Namun dengan besaran premi dan benefit yang cukup signifikan memang Anda sebagai pengguna atau customer bisa lebih jeli atas setiap produk yang akan dibeli sebagai proteksi diri. Ulasan tentang benefit akan kita lanjut pada tulisan lainnya karena sudah sore dan ada aktifitas lainnya.

Sekali lagi, salut buat ide Asuransi JAGA DIRI telah mengenalkan secara sederhana pemasaran online untuk asuransi di Indonesia, semoga dunia asuransi indonesia semakin maju dan berkembang seiring perkembangan dunia teknologi yang semakin detail masuk ke sendi kehidupan manusia kekinian hehehehe.

Salam Asuransi

Hendra Cahya/ 087782734164 (WA or Call or Text)

copas dari blog sy lainnya di http://kiosasuransi.wordpress.com

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun