Mohon tunggu...
Mas Garex
Mas Garex Mohon Tunggu... KBC - 55 | Kompasianer Brebes

Tulisan itu rekam jejak. Sekali dipublikasikan, tak akan bisa kau tarik. Tulislah hal-hal berarti yg tak akan pernah kau sesali kemudian.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

BUMDES IMS Desa Songgom Lor Masuk 23 Nominasi Desa Lestari

25 September 2020   12:58 Diperbarui: 25 September 2020   23:26 22 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BUMDES IMS Desa Songgom Lor Masuk 23 Nominasi Desa Lestari
dok.pri

Festival Desa Lestari 2020 adalah ajang promosi dan pengenalan kepada para pihak yang lebih luas mengenai Potensi Desa dan kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Desa. Tujuannya agar semakin terbukanya kesempatan seperti pasar (konsumen), investor, terbentuknya kolaborasi dengan pihak lain dalam upaya desa yang lebih maju dan mandiri.

Festival Desa Lestari ini juga bagian dari kegiatan Jaringan Desa Lestari, jaringan desa di 29 kabupaten di Jawa Tengah yang diluncurkan tahun 2019.

Festival Desa Lestari 2020 ini merupakan festival tahunan yang kali pertama diselenggarakan pada Desember 2019. Diikuti oleh 22 peserta Desa/BUMDES/Forum Bumdes dari 12 Kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di The Park Mall, Sukoharjo.

Festival ini diinisiasi oleh Tani Link dan Business Watch Indonesia, bekerjasama dengan Forum BUMDes Jawa Tengah serta didukung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi Jawa Tengah.

Dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini, Festival Desa Lestari akan hadir dengan kemasan yang berbeda namun menjadi sangat terbuka bagi Desa dan Masyarakat untuk aktif berkontribusi demi memperluas kesempatan bagi pembangunan dan pengembangan desa.

Pada tahun 2020 kali ini Festival Desa Lestari diikuti oleh 163 peserta yang berpatisipasi, namun terpilih sebanyak 23 Nominasi 29 Kabupaten di Jawa Tengah diantaranya yang mewakili Kabupaten Brebes yaitu BUMDES Insan Mandiri Sokadana Desa Songgom Lor Kecamatan Songgom yang mengusung tema BUMDES sebagai Pendorong Ekonomi Desa yaitu pada Unit Usaha Pengolahan Sampah yang mempunyai Program Pengolahan Sampah Terpadu

BUMDES Insan Mandiri Sokadana Desa Songgom Lor ini lolos ke tahapan selanjutnya yakni mengunggah hasil video ke Channel Youtube Tanilink TV dan Penilaian Dewan Juri pada rentang tanggal 17 September sampai dengan 27 Oktober 2020, kemudian tanggal 28 Oktober 2020 akan diumumkan pemenang non favorit dan tanggal 3 Desember 2020 diumumkannya pemenang favorit.

Kemarin (24/9/2020), Camat Songgom mengunjungi BUMDES IMS Desa Songgom Lor serta mengecek semua kesiapannya di Rumah Pengolahan Sampah (RPS) didampingi Kepala Desa Songgom Lor dan Ketua BUMDES IMS.

Ketua BUMDES IMS Songgom Lor (Bapak Wachid) menyampaikan bahwa BUMDES IMS salah satu yang terpilih sebagai nominasi dengan terpenuhinya  kriteria berdasarkan 8 indikator utama :

1. Program Inovatif & Kreatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN