Mohon tunggu...
Mas Garex
Mas Garex Mohon Tunggu... KBC - 55 | Kompasianer Brebes

Tulisan itu rekam jejak. Sekali dipublikasikan, tak akan bisa kau tarik. Tulislah hal-hal berarti yg tak akan pernah kau sesali kemudian.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hari Ini Terdapat 759 Pemudik yang Masuk Wilayah Kecamatan Songgom

27 Maret 2020   18:40 Diperbarui: 27 Maret 2020   18:49 38 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Ini Terdapat 759 Pemudik yang Masuk Wilayah Kecamatan Songgom
Dok. IMTA

Songgom - Pandemi Covid-19 belum berakhir namun cukup tambah banyak kasus yang ditemukan terinfeksi Covid-19 ini khususnya di indonesia.

Per tanggal 27 Maret 2020 pukul 12.00 wib seperti yang dilansir di www.covid19.go.id (situs resmi pemerintah RI terkait covid-19) menunjukkan 1.1046 orang positif terinfeksi, 46 orang sembuh dan 86 orang meninggal dunia.

Hal ini tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah, dari kasus-kasus tersebut tersebar di 28 provinsi di indonesia diantaranya daerah jabodetabek, jawa barat, jawa tengah, jawa timur, bali dll.

Termasuk di Kabupaten Brebes sendiri, walaupun belum adanya warga yang terinfeksi namun pemerintah bertindak cepat dan serius untuk menangani wabah ini. Di kecamatan songgom pula sudah di bentuk gugus tugas kesiapsiagaan penanggulangan covid-19, bahkan sampai tingkat desa pun ada.

Salah satu tugas dari gugus tugas ini baik tingkat kecamatan maupun desa antara lain melakukan penyemprotan disinfektan, sosialisasi pencegahan covid-19 dan mendata sekaligus memantau para pendatang yang masuk ke wilayah kecamatan songgom atau para pemudik yang baru pulang dari kota rantauan.

Untuk pendataan para pendatang yang baru pada pulang dari luar negeri dan luarkota dilakukan oleh gugus tugas desa yang kemudian dilaporkan ke tingkat kecamatan, ini semua dampak dari covid-19 yang mengharuskan warga pulang ke kampung halamannya karena sebagian besar adalah perantau di daerah jabodetabek yang sudah ada kasus positif covid-19, pelaporannya secara rutin agar data benar-benar valid dan dilanjutkan untuk pemantauannya selama 14 hari.

Untuk data kepulangan warga dari luar negeri pertanggal 20 maret tercatat ada 31 orang yang tersebar di 10 desa di kecamatan songgom, dan untuk data kepulangan/pemudik warga dari luarkota pertanggal 27 maret 2020 tercatat ada 759 orang yang tersebar di 10 desa di kecamatan songgom seperti data dibawah ini :

Dok. Gugus Tugas Kec. Songgom
Dok. Gugus Tugas Kec. Songgom
Kegiatan ini akan terus dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan, sesuai aturan pemerintah selanjutnya.

KSB-55 | Kompasianer Brebes

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x