Mohon tunggu...
Moh Khozah
Moh Khozah Mohon Tunggu... Dai Bilqolam

Mahasiswa BKPI IAIN Madura

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya

Semangat Mahasiswa Kuliah di Bulan Suci Ramadhan

6 Mei 2019   13:05 Diperbarui: 6 Mei 2019   13:08 0 0 0 Mohon Tunggu...
Semangat Mahasiswa Kuliah di Bulan Suci Ramadhan
suasana proses kuliah di hari pertama bulan ramadhan

Perkuliahan tahun ini di perguruan tinggi negeri ataupun swasta masuk penuh selama bulan suci Ramadhan. Pada bulan suci ramadhan ini mahasiswa akan mengikuti perkuliahan seperti biasanya.

Meskipun demikian para mahasiswa-mahasiswi tetap semangat mengikuti kegiatan kuliah walaupun rasa ngantuk, lemas dan rasa lapar serta haus mendekatinya. Mungkin karena tidak terbiasa kuliah sambil berpuasa. Tahun sebelumnya memang masuk tapi tidak sepadat saat ini.

mahasiswa semangat Mengerjakan tugas kuliah di hari pertama bulan ramadhan
mahasiswa semangat Mengerjakan tugas kuliah di hari pertama bulan ramadhan
Bagi saya sendiri hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak masuk kuliah, bahkan lebih baik puasa. Meskipun jarak tempat tinggal dan kampus sangat jauh sekali tetap masuk sesuai dengan jadwal kuliah yang telah ditetapkan.

Rasa malas dan ngantuk tidak hanya terjadi saat kuliah di bulan puasa namun. Juga selain bulan puasa. Bedanya kalau dibilang puasa tidak dapat makan dan minum kalau dilain bulan puasa kalau lapar atau haus bisa langsung ke kantin kalau bulan puasa tidak.

Biasanya, kalau bulan puasa teman-teman mengadakan buka bareng, baik satu kelas, satu komunitas dan satu organisasi. Kegiatan ini sangat memberi dampak positif dan kegiatan yang sangat menyenangkan dan membahagiakan.