Mohon tunggu...
Martin Karakabu
Martin Karakabu Mohon Tunggu... Guru Kampung yang Tertarik pada Dunia Bloging dan Menyukai Kegiatan di Luar Lapangan -

https://www.karakabu.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Yang Meninggal Bukan Budi Cahyono Melainkan Budi Pekerti: Sebuah Refleksi

6 Februari 2018   22:34 Diperbarui: 6 Februari 2018   23:54 1402
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Dokumentasi Kompas

Guru Budi sudah 'berlalu' ini Budi..., pasti tinggal cerita karena budi pekerti pun sudah hampir mati.

Seorang pendidik idealnya menjadi teladan bagi yang didik, agar yang didik tidak jadi bumerang bagi bangsa si terdidik. Ini semua bisa terwujud jika keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama menjadi tempat yang dirindukan seorang anak. Jika tidak maka realitas terbalik pasti tersaji lagi seperti sepekan yang berlalu, pada sosok almahrum guru Budi di Sampang Jawa Timur sana.

**Makasi ya pakk ud ngajarin saya setaun ini, sebenernya saya berterimakasih sama bapak bukan karna bapak ngajarin saya B I doangg, banyak pak guru BI dimana mana tapi buat jadi wali kelas sekaligus pembimbing dan pendengar yg baik itu ga semua orang bisa pak, tapi bapak bisa!.

Terima kasih juga uda bikin saya juara 1 di KKG kemaren, ya mungkin emang banyak org yg berperann, ga cuma bapak. tapi kalo bapak ga paksa saya buat ikut lomba saya gatau pak kalo ternyata saya bisa. selamat pak, bapak sudah menjadi guru kampung yang dicintai lewat cara bapak.

Kutipan di atas adalah ungkapan hati salah seorang murid kepadaku via line. Hanya karena saya pernah menjadi wali kelas dan pernah membimbingnya dalam club debat di SMA Kanaan Jakarta.

Hal yang sama pun disampaikan oleh muridku yang lain seperti ini:

Pak martin... saya mau ngmg serius deh sm bapak. ya mgkin ini sedikit lebay tp gpp lah ya pak wkwk. nih pak. saya berterima kasih bgtttttttt pak sama bapaakkkk. makasi buat 1 taunnya bapa uda ngedidik saya dari awal kelas 10 smpe sekarang. saya jg makasi bangettt sama Tuhan soalnya Tuhan bs temuin saya sama org yang kaya bapak. saya bersyukur bgt bs ktmu org kaya bapak. tp bener deh pak, seumur2 sya bru prtama kali ketemu guru yg kaya bapak. bapa tuh bs jdi inspirasi saya bgt. klo mau jujur ya pak, bapa bener2 guru favorit saya pak. wali kelas paling the best!!!!! guru paling the besttt!!! bapa yg bisa buat saya tenang. bapa yg bisa buat saya jd lebi dewasa. bapa yg slalu kasi solusi klo saya ada masalah. ya jujur aja pak klo emg gada bapak jg saya kayanya ga berubah. saya itu tipe org yang bodo amat pak. tp semenjak ada bapak, saya bs belajar sedikit2 jd org yg tanggung jawab, jdi lebi disiplin. Maap pak klo lebay tp ini serius bapak bener2 guru kesukaan saya bangeettttt!!.

Dua kutipan di atas diambil dari blog pribadi. Tidak bermaksud untuk pamer atau merasa diri paling hebat, tetapi hanya mencoba mengantar pembaca untuk merenung dan mengenang kembali sosok yang kita sebut guru.

Profesi guru selalu mendapat tempat yang istimewa di hati siapa pun. Bahkan orang nomor satu di Indonesia saat ini, Presiden Jokowidodo telah memberi contoh dengan membungkukkan badan di hadapan ribuan guru. "Saya bisa menjadi presiden karena jasa guru", ucapan presiden disela-sela pidato pada peringatan hari guru tahun lalu. Lengkapnya bisa baca pada ulasan Ahmad Rury yang berjudul Ingin Mendapatkan Ilmu yang Berkah? Hormatilah dan Tawadhu dengan Gurumu.

Siapapun kita saat ini, tentunya pernah mendengar atau merasakan saat-saat bersama sosok yang disebut "guru". Jadi guru hanyalah guru, tetapi guru bisa membuat orang jadi lebih hebat dari diri sang guru itu. Konteks ini, sebagai manusia normal dan memiliki 'rasa' sudah seharusnya menghormati guru. Namun seperti diberitakan di berbagai media sepekan ini, Ahmad Budi Cahyono, seorang guru seni di SMAN 1 Torjun Sampang meninggal akibat dianiaya oleh muridnya sendiri MH, siswa kelas XI. Saat pelajaran seni rupa, Kamis (1/2/2018).

Masalahnya pun menurut saya sepelah, pelaku ditegur oleh korban gara-gara tertidur di kelas dan mengganggu kegiatan belajar saat itu. Lantaran kesal karena merasa pelaku tidak menghiraukan peringatannya, korban kemudian mencoret pipi pelaku MH dengan kuas karena tidak bisa dinasihati. Tak terima, MH kemudian memukul korban.Hingga akhirnya guru malang itu menghembuskan nafas terakhirnya pada, Jumat (2/2/2018) siang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun