Mohon tunggu...
Marthia Nilasari
Marthia Nilasari Mohon Tunggu... Remember why you started.

Mahasiswi Semester 3 Beasiswa Prestasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tanah Lotnya Yogyakarta

10 Januari 2021   20:47 Diperbarui: 10 Januari 2021   20:52 201 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanah Lotnya Yogyakarta
Dokpri Marthia Nilasari

Halo, readers! Perkenalkan nama saya Marthia Nilasari, mahasiswi penerima beasiswa prestasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dengan jurusan perhotelan. 

Ini merupakan wadah bagi tulisan saya untuk membagikan beberapa pengalaman, maupun pengetahuan yang telah saya dapatkan. Semoga dapat bermanfaat ya!

Nah, kali ini pembahasan kita masih berkaitan dengan pantai loh! Karena beberapa pantai yang saya kunjungi memang mempunyai keindahan yang sangat menarik dan indah, sehingga sangat disayangkan jika masih banyak wisatawan domestik yang belum mengetahuinya. 

Nama pantai ini adalah Pantai Kukup, terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km dari Pantai Baron. Seperti halnya pantai -- pantai yang berada di Gunung Kidul, Pantai Kukup mempunyai pasir berwarna putih, air laut yang sangat jernih dan ombak yang terkadang cukup besar juga sehingga jangan berenang terlalu ke tengah yaa. 

Oh iya, harga tiket masuk ke Pantai Kukup juga sangat murah loh yaitu sebesar Rp.10.000/orang dan sebenarnya tiket tersebut sudah berlaku untuk seluruh pantai yang ada di sekitar Pantai Kukup juga loh! 

Seperti Pantai Sepanjang, Pantai Baron, Pantai Krakal, dan masih banyak lagi. Jadi sekali kamu bayar, bisa mengunjungi lebih dari satu pantai! Benar -- benar murah yaa tiketnya!

Dokpri Marthia Nilasari
Dokpri Marthia Nilasari

Pantai Kukup mempunyai sebuah pulau karang yang dibangun gazebo diatasnya, dan para wisatawan dapat berkunjung dengan menaiki tangga dan menyebrang jembatan yang sudah disediakan. Sehingga para wisatawan dapat bersantai diatas sambil menikmati indahnya sunset ataupun sunrise. 

Panorama inilah yang membuat Pantai Kukup mempunyai sebutan sebagai Tanah Lotnya Yogyakarta. Oh iya,berdasarkan info yang saya dapatkan, Pantai Kukup juga masih menjadi lokasi bagi masyarakat sekitar yang menganut kepercayaan Kejawen sebagai lokasi untuk ritual sedekah. 

Biasanya ritual ini dilakukan dengan melarung berbagai sesajen ke laut sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan YME untuk hasil laut dan juga rezeki yang telah di dapatkan selama setahun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN