Mohon tunggu...
Marshanda zahrazhafira
Marshanda zahrazhafira Mohon Tunggu... Pelajar

Sman 1 padalarang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hindari Narkoba atau Mati!

22 Januari 2020   20:22 Diperbarui: 22 Januari 2020   20:50 13 0 0 Mohon Tunggu...

Dari sejak SMP pertama kali mengenal narkoba lewat seminar yang ada di sekolah. Sampai sekarang siapa sih yang tidak mengenal narkoba? yah seperti ganja, sabu-sabu dan yang lainya, narkoba sangat berbahaya bagi tubuh kita karena didalamnya terdapat zat zat yang tidak baik bagi tubuh.

Sebenarnya, narkoba adalah obat yang digunakan oleh para dokter untuk membius pasien dan juga sebagai obat penekan dengan dosis yang sudah ditentukan,jika digunakan dengan dosis yang berlebihan,maka akan mengganggu sistem syaraf pusat yaitu otak,fisik,psikis atau jiwa,dan fungsi sosial.

Akibatnya,pemakai akan mengalami efek seperti halusinogen,yaitu efek narkoba yang membuat pemakai merasakan halusinasi yang tinggi ,yang kedua ada stimulan yaitu efek narkoba yang berakibat pada organ tubuh,yang ketiga ada depresan, yaitu efek narkoba yang berakibat adanya tekanan sistem syaraf pusat dan mengurangi fungsional tubuh, terakhir yaitu narkoba bisa menyebabkan kecanduan bagi pemakainya.

Namun hal itu tidak menjadi halangan bagi para pemakai untuk mengonsumsi barang haram tersebut, para pemakai narkoba khususnya remaja menganggap narkoba adalah penyelamat hidup mereka.mereka mencari kesenangan  dengan cara yang salah. Miris, mengingat remaja yang menjadi penerus bangsa, justru menjadi perusak masa depan dan harapan bangsa.

Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi para remaja untuk mengonsumsi narkoba tersebut. Mulai dari coba-coba, kurangnya perhatian orangtua, lingkungan yang buruk, dan pengaruh teman sebaya. Mula-mula kurangnya perhatian dari orangtua maupun keluarga yang tidak harmonis, membuat remaja mencari kesenangannya sendiri di dunia luar.

Di lingkungan yang buruk, remaja terjebak kemudian berteman dengan teman sebaya dan mulai terseret oleh arus pergaulan bebas. Remaja pun mempunyai nasib yang sama. Mereka menjelajah mencari jati diri dan keluar dari kehidupan yang memuakkan dan membuat dunianya sendiri.

Kemudian, bertemu dengan orang yang menawarkan benda asing, yaitu narkoba. Karena penasaran, mereka mulai mencobanya dan hanyut oleh candu narkoba yang semakin membawa mereka ke jalan yang menyesatkan. Semakin tersesat dan menghalalkan segala cara agar dapat menikmati narkoba Narkoba sangat berbahaya.

Oleh sebab itu semua masyarakat khususnya pelajar untuk tidak mencoba barang haram tersebut, dan sebaiknya pemerintah memberikan hukuman yang jera bagi para pengedar narkoba seperti hukuman mati, dan untuk para pengguna narkoba khususnya pelajar sebaiknya direhabilitasi. Katakan tidak untuk narkoba! Lakukanlah aktifitas yang menyehatkan daripada mengonsumsi narkoba, jagalah selalu kesehatan jasmani dan rohani kita.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x