Mohon tunggu...
marsha fitria
marsha fitria Mohon Tunggu... this is the only way

berau berkilau

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Kabupaten Berau Siapkan Diri Jadi Sentra Jagung

25 Februari 2020   20:49 Diperbarui: 25 Februari 2020   20:58 5 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kabupaten Berau Siapkan Diri Jadi Sentra Jagung
koleksi pribadi

Kabupaten Berau memiliki banyak sekali sumber daya alam. Tahun 2020 ini pemerintah pusat meminta Kabupaten Berau untuk menjadi sentra produksi jagung. Pemerintah pusat mempunyai alasan tersendiri meminta Kabupaten Berau menjadi pusat produksi jagung. Semua pencapain di sektor pertanian membuat pemerintah pusat tidak ragu-ragu dalam memilih Kabupaten Berau. Berberapa tahun terakhir ini produksi jagung menjadi fokus utama di Berau. Pelatihan, pengawasan, pendampingan dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat. Tujuan pemfokusan program kerja kepada pertanian jagung adalah pengembangan dan peningkatan produksi.

Bukti berhasilnya Kabupaten Berau dalam meningkatkan pengembangan pertanian jagung salah satunya adalah kemunculan bibit hybrid. Bibit ini dapat tumbuh di beberapa tanah, khususnya yang setipe dengan geografis Kabupatan Berau. Rentang waktu tumbuh bibit pun tergolong lebih cepat daripada jenis jagung lain. Kemunculan bibit ini menjadi salah satu faktor pesatnya kemajuan pertanian di Berau. Memang masalah tentang ketahanan pangan menjadi langganan di Indonesia. Maka dari itu pemerintah memilih beberapa daerah sebagai pemasok dan penyangga utama pertanian. Harapan pemerintah adalah kestabilan ekonomi di Indonesia dapat tercapai.

Permintaan pemerintah pusat disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mustakim, "Ini mereka sampaikan dalam pertemuan dengan Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu, kita diminta untuk menyangga dua komoditi untuk IKN," kata Mustakim.

Bukan hanya Berau, tetapi juga ada daerah lain yang diminta pemerintah pusat menjadi penompang produksi pangan. Tetapi sampai saat ini, masih belom ada regulasi resmi untuk mempertahankan kestabilan harga jual dari jagung. Sangat disayangkan sekali karena pemerintah masih memiliki kelemahan di sektor regulasi atau peraturan. Selain diminta untuk mengembangkan pertanian jagung, Kabupaten Berau juga diminta untuk meningkatkan produksi bawang merah. Kedua bahan pangan pokok ini memang menjadi fokus utama selain padi. Diharapkan dengan meningkatnya produksi jagung dapat menjadi cadangan padi. Sedangkan untuk bawang merah merupakan rempah-rempah yang mempunyai permintaan cukup tinggi di pasar global.

Dengan berkembangnya pertanian pemerintah sangat mengharapkan terjadi sebuah kestabilan baik di bidang ekonomi ataupun pertanian itu sendiri. Untuk merealisasikan rencana yang telah dibuat, Pemerintah Kabupaten Berau meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk ikut andil membantu program kerja yang dicetuskan. H. Muharram selaku bupati Kabupaten Berau sangat mendukung dan berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat. Beliau juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Berau akan berusaha menjawab kepercayaan tersebut.

VIDEO PILIHAN