RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah             : SMP Negeri Tiakur
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : IX/1
Alokasi Waktu       : 6 X 40 menit (2 X pertemuan)
- Kompetensi Inti
- Menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- Kompetensi Dasar
- Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Membuat kesimpulan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
- Tujuan Pembelajaran
- Dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, berbantu infocus dan kutipan teks cerpen serta penerapan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan, diharapkan peserta didik dapat:
- Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca.
- Materi PembelajaranÂ
- Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
Â
- Pendekatan, Model dan MetodeÂ
- Pendekatan   :  Saintifik
- Model        :  Discovery Lenarnig
- Metode       :  Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
Â
- Kegiatan PembelajaranÂ
- KEGIATAN PENDAHULUAN
- Alokasi Waktu
- Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam dan mengajak peserta didik berdoa sebagai ungkapan rasa syukur kepada TYME (religious)
- Mengecek kehadiran peserta didik melalui absensi (disiplin)
- 15 menit
- Apersepsi
- Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
- Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari:
- apabila materi ini dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat:
- Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca.
- Pemberian
- Acuan
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
- Menyampaikan garis besar cakupan materi.
- Pembagian kelompok untuk berdiskusi.
- Peserta didik menerima berbagai informasi tentang
- Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra (cerpen).
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
- KEGIATAN INTI
- Sintak Model Pembelajaran
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- 90 menit
Stimulation (pemberian rangsangan)
- Â
- Peserta didik mengamati contoh teks cerpen dan unsur intrinsik yang diberikan oleh guru dengan cermat. (literasi)
- Â
Problem statement
- (pernyataan/ identifikasi masalah)
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
- Peserta didik mengidentifikasi masalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan mengenai unsur-unsur intrinsik cerita pendek.
Data Collection
- (pengumpulan data)
- Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk:
- Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca. (berpikir kritis, kerja sama)
Data Processing
- (Pengolahan Data)
- Peserta didik mengolah informasi dari materi tentang cerita pendek dari hasil kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan langkah-langkah pengerjaan pada lembar kerja. (berpikir kritis)
- Peserta didik membuat simpulan unsur-unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang terdapat dalam kutipan cerpen yang telah dibaca.
- Verification (pembuktian)
- Masing-masing kelompok menyajikan hasil dengan santun dan kelompok lain menanggapi. (communication).
- Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik.
Generalization
- (menarik kesimpulan)
- Peserta didik dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran (kerja sama)
- KEGIATAN PENUTUP
- Peserta didik diminta untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang terkait dengan penguasaan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Peserta didik mengisi lembar evaluasi tertulis dengan jujur dan mandiri
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mempresentasikan hasil kerjanya.
Guru memberikan tugas untuk dilakukan di rumah (mandiri)
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Peserta didik mengucapkan salam
- 15 menit
- Â
- Penilaian Pembelajaran, Remedial dan PengayaanÂ
- Penilaian Pembelajaran
- Teknik Penilaian         :  Penugasan
- Bentuk Penilaian         :  Produk
- Instrumen Penilaian       :  LKPD
- Remedial
- Pengayaan
- Â
- Â
- Media/Alat, Bahan, dan Sumber BelajarÂ
- Media              :  Laptop, Infocus, dan Contoh kutipan teks cerpenÂ
- Bahan              :  Power Point (ppt), LKPD
- Sumber Belajar      :  Internet
Tiakur, ...... Agustus 2022
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Deddi N. Rupilu, S.Pd
M. Melaira, S.Pd
NIP. 198511122011011010
NIP. 198404212014051001