Mohon tunggu...
Marla Suryani Lasappe
Marla Suryani Lasappe Mohon Tunggu... suka masak

Saya berbintang Pisces--------------------------------------------------- hobby cooking, travelling------------------------------------------------------- I am a writer, food blogger ----------------------------------------------------- IG: marlasuryani ------------------------------------------------------------------- twitter: marlasuryani@marla-suryani--------------------------------------- http://aksaramarla.wordpress.com https://www.facebook.com/marla.thalib

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

[KPK WFH Event] Barobbo' Udang Si Penggoyang Lidah

23 April 2020   22:25 Diperbarui: 23 April 2020   23:11 149 3 2 Mohon Tunggu...

Dalam situasi pandemik Corona seperti saat ini, di rumah saja adalah hal yang wajib kita patuhi. Apalagi sejak tanggal 18 April 2020,  walikota Tangerang Selatan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskla Besar (PSBB). Demi kesehatan, saya memilih dirumah saja. 

Sejak virus covid-19 mewabah, saya rada paranoid untuk ke pasar. Jadi ....sehari hari saya hanya mengandalkan tukang sayur yang mangkal  tak jauh dari rumahku. 

Dan ...bisa ditebak dong, sayurannya itulagi itu lagi ..hahahaha

Ditambah sejak sejak WFH [work from home], kuliah online, sekolah online, otomatis anak-anak 24 jam berada di rumah, bawaannya pengen mengunyah terus, bikin mominya pusing. Pasti pada ngalamin nasib seperti saya  juga kan????

Tuk menyiasati dalam penyusunan menu harian biar berubah  setiap hari, saya harus putar otak alias  cerdas mengolah menu. Salah satunya dengan cara membongkar bongkar resep yang  tentunya dikondisikan sesuai situasi saat ini, belanja sama tukang sayur. 

Akhirnya saya menemukan resep yang satu ini. " Barobbo' Udang Khas Bugis Makassar".

Masakan ini, berbahan dasar jagung yang dicampur dengan bumbu, bayam, kangkung, kacang panjang  dan udang.  Sangat cocok untuk dikomsumsikan saat ini, karena salah satu cara untuk menangkal virus covid 19, yaitu dengan makan makanan yang bergizi.

dokpri
dokpri
Seingatku, pertama kali makan masakan ini, sewaktu berada di kota  Jambi. Waktu itu saya  menemani kakak sepupu yang kebetulan pada saat itu menjabat sebagai ketua KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan) berkunjung kesuatu desa bernama "Tangkit" 

Tangkit adalah salah satu desa yang berada di kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Mayoritas warganya berasal dari suku Bugis. Tangkit merupakan sentra penghasil buah nanas terbesar di Jambi. Tak heran sewaktu saya di sana pohon nanas terhampar luas hampir di sepanjang jalan,dan warganya sangat cekatan dalam mengupas nanas.

Saat kami disana, berbagai macam makanan olahan nanas dan makanan  khas Bugis disajikan, salah satunya barobbo udang. 

Pasti penasaran kan.?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN