Marius Gunawan
Marius Gunawan profesional

Tulisan sebagai keber-ada-an diri dan ekspresi hati

Selanjutnya

Tutup

Kotak Suara Pilihan

Hasil Exit Poll Pilpres Luar Negeri, Tanda Kemenangan untuk Jokowi?

15 April 2019   18:11 Diperbarui: 15 April 2019   18:41 15254 22 8

Hasil sebagian besar Lembaga Survei memprediksi bahwa Jokowi memenangkan perlehatan Pilpres kali ini. Hasil yang sama juga terjadi pada Exit Poll  di kota - kota besar di beberapa negara yang telah melakukan Pemilu di luar negeri.

Survei dan Exit Poll memang dua cara berbeda dalam memprediksi hasil Pilpres. Kalau survei prediksi dilakukan sebelum pencoblosan dilakukan, Exit poll merupakan survei yang dilakukan segera setelah pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS). 

Exit Poll mewawancarai kepada sampel pemilih yang dipilih di TPS tertentu. Hasil exit poll sendiri selalu keluar sebelum hasil resmi keluar.

Dua model survei ini sama - sama pendekatan ilmiah dengan rumus hitungan yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Ada yang mengatakan kalau Exit Poll lebih akurat karena yang ditanya adalah mereka yang sudah mencoblos. Dalam Exit Poll yang ditanya adalah keputusan pemilih, tidak ada lagi ruang untuk mengubah pilihan mereka  seperti dalam survei prediksi.

Lalu bagaimana perbedaan Exit Poll dengan quick count?

Perbedaan dengan hitung cepat (quick count) adalah exit poll menanyakan langsung pemilih terhadap siapa calon yang ia pilih pada tempat pemungutan suara (TPS) tertentu, sedangkan hitung cepat mencatat hasil akhir dari TPS baik yang terpilih maupun tidak dan merupakan gambaran dari hasil pemilihan umum setempat. 

Hasil exit poll sendiri selalu keluar sebelum hasil resmi keluar. Karena itu, margin of error antara exit poll dengan hasil resmi selalu tidak jauh berbeda.

Melihat semua penjelasan ini, dengan mengandaikan bahwa Exit Poll di Pemilu luar negeri itu dilakukan dengan metode yang benar maka kita dapat hampir pastikan bahwa Jokowi akan meneruskan periode keduanya menjadi Presiden RI.

Apakah ini berarti para pendukung Jokowi sekarang bisa berpangku tangan? 

Tentu tidak. Hasil survei apapun model dan bentuk pendekatan yang digunakan tetap merupakan prediksi. Hitungan yang menjadi patokan utama dalam memenangkan Pemilu tetap adalah hitungan resmi real count dari KPU. 

Untuk memastikan kemenangan di real count, para pendukung Capres 01 tetap harus bersemangat untuk menuju ke TPS dan mencoblos Capres pilihannya. Kalau hal itu tidak dilakukan maka hasil survei dan prediksi hanya tinggal angka perkiraan, tidak menjadi kenyataan.***MG