Mohon tunggu...
Marisa ChristyNeno
Marisa ChristyNeno Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Unparian 22

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Unpar

27 November 2022   18:33 Diperbarui: 27 November 2022   18:42 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora  Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Menurut Driyarkara Hominisasi adalah proses pemanusiaan. Untuk mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi kami diberikan tugas pra geladi yang mana ditugaskan untuk menyimak Lagu Indonesia Raya 3 stanza, menonton film dokumenter pendek dan menjawab pertanyaan mengenai kewarganegaraan dan pendapat generasi saat ini melalui google form. Setelah merespon tugas dengan baik dan benar kami akan diberikan link zoom yang mana adalah tanda bahwa kami layak untuk mengikuti Geladi. 

Dengan mengikuti kegiatan geladi saya mendapatkan banyak pelajaran mengapa pentingnya menggunakan logika dan bahasa yang baik dan benar sebagai warga negara. Warga negara yang baik adalah warga negara yang mementingkan kemajuan dan keberlangsungan bangsanya. Ditengah maraknya permasalahan hoax dalam negeri, warga negara yang baik seharusnya menggunakan kemampuan berpikir logika untuk menyelesaikan masalah dengan tujuan mendapatkan solusi. Untuk mencapai tujuan tentunya kita membutuhkan sebuah alat yang dapat menyampaikan maksud dengan benar yaitu bahasa.

Manfaat yang saya dapatkan dengan mengikuti Geladi Hominisasi adalah saya mampu meningkatkan kemampuan memimpin dan berpikir kritis terhadap suatu topik melalui proses diskusi dengan anggota kelompok. Bukan hanya itu saja Geladi Hominisasi membuat saya percaya diri untuk memberikan pendapat dan mendengarkan pendapat teman lain. Geladi Hominisasi ini juga berguna untuk memperluas koneksi karena disini kita akan dipertemukan dengan teman-teman dari fakultas lain.

Walaupun kegiatan hominisasi sudah berakhir namun pelajaran akan semua manfaat akan terus saya terapkan. Mulai dari mendengar dan menghargai pendapat orang lain, bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik, dan selalu berpikir kritis dan objektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun