Mohon tunggu...
Mario Samuel Christopher
Mario Samuel Christopher Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi : main sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Gladi Hominisasi

11 Desember 2022   15:33 Diperbarui: 11 Desember 2022   15:36 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS GLADI HOMINISASI 

Gladi hominisasi dilakukan pada tanggal 4 Desember 2022,sebelum kita memulai gladi kita diberi tugas pra gladi yang berisi  pertanyaan tentang lagu Indonesia 3 stanza dan tentang film dokumenter.Di tugas tersebut saya dimintai pendapat tentang syair mana yang paling menarik dari lagu Indonesia raya 3 stanza dan dimintai pendapat tentang lingkungan.Di tugas tersebut saya menulis bahwa syair yang menarik bagi saya adalah Indonesia tanah yang mulia tanah kita yang kaya disanalah aku berdiri untuk selama -- lamanya,karena menurut sya dari syair tersebut dapat disimpulkan bahwa Indonesia adalah negara yang mempunyai kekayaan yang berlimpah dan kekayaan tersebut bukan hanya milik suatu individu,suku dan agama,tetapi kekayaan tersebut miliki kita semua yaitu milik Rakyat Indonesia,selain itu juga kata -- kata disanalah aku berdiri untuk selama -- lamanya itu menandakan bahwa kita sebagai rakyat Indonesia akan terus mengabdi pada Indonesia untuk selamanya.Di pertanyaa saya menjawa bahwa keprihatinan saya terhadap lingkungan  adalah karena banyaknya sampah yang menurut saya tidak tepat pada tempatnya,contohnya tumpukan sampah pada trotoar itu menyebabkan lingkungan seitarnya menjadi tidak enak.Selain itu juga,banyak asap -- asap pabrik dan knalpot dari truk yang membuat udara menjadi tercemar.Setelah saya mengerjakan tugas pra gladi saya menunggu untuk gladi pada hari minggu tanggal 4 desember,pada hari H gladi saya masuk pada jam 7.50 menggunakan computer.Acara awalnya yaitu kata -- kata sambutan dari para pembingbing dan setelah itu kita dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tugas,tugasnya adalah kita disuruh untuk membuat presentasi tentang tema yang sudah dipilih dan juga menurut saya tugas ini cukup unik karena kita tidak presentasi menggunakn ppt melainkan bentuk -- bentuk presentasi lainnya seperti podcast,drama dan puisi.Pada saat itu kelompok saya mendapat tema tentang hari pahlawan dan kelompk kita memilih bentuk presentasi podcast.Pada saat mulai mengerjakan tugas kelompok saya sulit untuk berkomunikasi karena canggung,hal itu disebabkan karena kita tidak mengenal satu sama lain tetapi setelah itu kita mulai berani untuk berbicara dan pada akhirnya tugasnya selesai baik dan kita dapat mempresentasikannya dengan baik.Setelah selesai presentasi dilanjut dengan penutupan acara dan gladi selesai pada jam 12.30.

Setelah mengikuti  gladi yang refleksi saya adalah  saya harus melatoh kemampuan berbicara dan harus berani berbicara karena pada saat mulai kerja kelompok kita semua canggung dan pekerjaannya menjadi terhambat,mungkin jika pada saat itu saya berani berbeicara saya bisa memcah kecanggungan dan pekerjaanya dapat berjalan dengan lanacar.Dan setelah mengikuti geladi hominisasi menurut mengapa penting untuk menggunakan logika dan Bahasa debagai warga Negara karena logika itu berfungsi  untuk kita  untuk dapat memikirkan dan menyelesaikan kejadian -- kejadian yang ada di hidup kita dan Bahasa berguna  sebagai alat kita berkomunikasi dan selain alat berkomunikasi juga Bahasa dapat digunakan untuk memperkanalkan negara kita ke dunia luar,maka dari itu Bahasa dan logika sangat penting.

Dalam gladi hominisasi ini saya mendpat banyak sekali manfaat contohnya adalah dapat pelajaran untuk berani berbicara,mengeluarkan pendapat dan juga saya jadi mendalami tentang yang dipelajari yaitu hari pahlawan.Kemampuan -- kempauan yang sudah saya dapat dari gladi ini dapat saya terapkan dalam gladi hominisasi contohnya seperti pada saat dosen bertanya tentang pendapat saya berani untuk menjawab dan juga pada saat kerja kelompok saya berani untuk mengeluarakan pendapat.Berkaitan dengan cara meningkatkan cara berpikir dan berbahasa sebagai waraga negara,menurut saya hal  itu dapat ditingkatkan dengan cara mengikuti berita -- berita yang ada di Indonesia dan berpikir menggunakan logika dan cara meningkatkan kemampuan berbahasa dapat dilakukan dengan membaca banyak buku -- buku yang menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun