Mohon tunggu...
mariia trysana
mariia trysana Mohon Tunggu... Do not let everyone know everthing about you. Cultivate a mystique

Treat yourself like someone you loved

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Perkembangan Pariwisata, dari Dulu hingga Saat Ini

14 Juli 2020   21:32 Diperbarui: 15 Juli 2020   02:51 22 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Pariwisata, dari Dulu hingga Saat Ini
Sumber; hestanto personal website

Seiring berkembangnya zaman, perubahan demi perubahan pun terjadi pada banyak hal. Tak terkecuali pada pariwisata.

Pariwsata dunia dimulai sejak jaman primitive yaitu dilakukan oleh bangsa primitive yang melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya demi kelangsungan hidup. Lalu kemudian, Bangsa PHUNISIA & POLANESIA pertama kali melakukan perjalanan wisata dengan tujuan perdagangan. Ratu Elisabeth I mengadakan perjalanan ke Eropa untuk mencari ide baru, mempelajari budaya, sistem pemerintahan & pendapat bangsa lain. Setelah itu Bangsa Romawi melakukan perjalanan dengan tujuan untuk pengetahuan cara hidup, sistem politik, dan ekonomi.

Dan sejarah perkembangan pariwisata selanjutnya dimulai setelah perang dunia ke 1, dimana Perang dunia I memberikan pengalaman kepada orang untuk mengenal negara lain sehingga membangkitkan minat berwisata ke negara lain.Dengan adanya kesempatan untuk berwisata ke negara lain sehingga berkembanglah pula arti pariwisata internasional sebagai salah satu alat untuk mencapai perdamaian dunia, dan berkembangnya penggunaan sarana angkutan dari penggunaan mobil pribadi ke penggunaan pesawat terbang berkecepatan suara.

Pada tahun 1914, perusahaan kereta api di Inggris mengalami keruntuhan dalam keuangan sehingga diambillah kebijaksanaan sebagai berikut ini: "Kereta api yang bermesin uap diganti menjadi mesin diesel dan mesin bertenaga listrik serta Pengurangan jalur kererta api yang kurang menguntungkan". Pada masa ini pula timbul sarana angkutan berteknologi tinggi, seperti mobil dan pesawat sebagai sarana transportasi wisata yang lebih nyaman serta lebih cepat.

Pada zaman dahulu ketika hendak berwisata atau traveling maka orang-orang harus membawa peta. Peta sangat membantu mereka untuk mencapai lokasi tujuan dan juga untuk jaga-jaga apabila tersesat. Selain itu, tak adanya akses internet akan sedikit menguras tenaga untuk mencatat secara manual semua tempat-tempat yang ingin mereka datangi, kemudian mereka harus mengantrie hanya untuk check in dan mereka juga akan sedikit kesulitan untuk memesan kamar hotel, dimana mereka harus dengan repotnya menelepon penginapan dan menanyakan satu-satu apakah tersedia kamar kosong. Menurut saya, meskipun memerlukan perjuangan yang sedikit eksta hanya untuk berwisata, orang-orang dizaman dahulu lebih menikmatinya karena kesulitan itu semua adalah nilai adventurenya.

Sering dengan berkembangnya teknolongi yang sangat pesat pada zaman ini membuat wisatawan semakin mudah untuk berwisata. Dengan adanya internet, wisatawan yang dulunya berwisata harus membawa peta, kemudian harus mengantrie untuk check-in, dan juga harus repot untuk memesan kamar hotel kini menjadi semakin mudah hanya dengan memanfaatkan smartphonenya. Selain itu dengan adanya website dan social media seperti (facebook, instagram, twiter) wisatawan semakin mudah untuk mengakses semua informasi yang berkaitan dengan pariwisata.

Menurut kalian, enakan berwisata dizaman dulu atau zaman sekarang???

Mariiatrysana, 15 juli 2020

VIDEO PILIHAN