Mohon tunggu...
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Mohon Tunggu... Human Resources - Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di mariatanjung81@gmail.com

Seorang blogger Surabaya yang terbiasa menulis di www.santaisore.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Kuliner Nusantara Favorit yang Tak Pernah Bosan untuk Dimakan

26 April 2023   21:47 Diperbarui: 26 April 2023   21:50 827
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Credit Photo: Pexels

Berbicara mengenai kuliner, merupakan suatu topik bahasan yang saya sukai. Mungkin karena saya punya hobi makan kali ya, wkwkwk. Jadinya kalau sudah membahas segala jenis makanan maka saya sudah pasti nimbrung. Makanan khas Nusantara maupun makanan kekinian yang sedang booming rasanya semua saya suka.

Kalau kuliner Nusantara sudah pasti menjadi kebanggaan bagi kita rakyat Indonesia, karena negara kita selain kaya akan objek wisata juga pastinya kaya akan berbagai kuliner dari Sabang sampai Merauke.

Dan karena perkembangan teknologi dan kemajuan transportasi juga, saya pun bisa mencicipi kuliner Nusantara tanpa perlu jauh-jauh pergi ke daerah asalnya.

Adapun kuliner Nusantara yang menjadi favorit saya, antara lain:

1. Pempek Palembang

Pempek Palembang bisa dibilang merupakan kuliner Nusantara yang tidak pernah bosan untuk saya makan. Saya ingat ketika tahun 2008 lalu, ada teman yang berdomisili di Palembang mengirimkan Pempek Palembang yang memang benar-benar asli langsung dibeli dari kota asalnya. Kalau di Surabaya sendiri saya makan Pempek Palembang di beberapa rumah makan yang menyediakan kuliner khas dari Sumatera Selatan ini. Rasanya tak jauh beda dengan Pempek yang asli dibuat dari Palembang.


Pempek sendiri merupakan makanan yang berasal dari olahan tepung dan ikan. Setelah adonan Pempek digoreng kuning kecoklatan, maka cara makannya adalah dengan menuangkan kuah yang disebut cuko. 

2. Rujak Cingur

Jangan ditanya mengenai kuliner Nusantara yang satu ini karena memang khas dari Jawa Timur ya. Rujak Cingur merupakan kuliner Nusantara khas Jawa Timur yang bahkan tidak pernah dilewatkan oleh kakak ipar kalau mudik ke kota Pahlawan tersebut.

Rujak Cingur sendiri merupakan makanan yang terdiri dari irisan buah, tahu, tempe, sayuran dan cingur sapi sebagai ciri khas kuliner ini, yang disiram dengan bumbu rujak cingur. Bumbu rujak cingur dibuat campuran dari kacang dan petis yang tak lupa dikentalkan dengan air. Ohya, untuk buah dalam rujak cingur sendiri biasanya terdiri dari bengkuang, nanas, mentimun, kedondong dan belimbing. Sementara sayuran dalam rujak cingur biasanya kangkung.

Namun bagi mereka yang tidak terlalu suka buah maka ada yang namanya rujak cingur matengan, alias menggunakan lontong sebagai pengganti buah. Untuk sayuran, tahu, tempe dan cingur sapi tetap ada di dalam rujak matengan ini. Saya termasuk orang yang suka makan rujak cingur matengan dibanding menggunakan buah.

3. Nasi Kuning Banjar

Nasi Kuning Banjar merupakan kuliner Nusantara yang favorit dari zaman saya kecil. Maklum saja, saya lahir dan besar di Kalimantan sehingga bisa dibilang hampir tiap minggu makan Nasi Kuning Banjar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun