Mohon tunggu...
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Mohon Tunggu... Human Resources - Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di mariatanjung81@gmail.com

Saya tinggal di Surabaya. Pemilik 4 blog aktif Pembaca bisa mengunjungi blog saya di www.mariatanjungmenulis.xyz , www.curhatanku.com , www.mariatanjung.com dan www.keliling.my.id

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bangga Jadi Blogger

27 Oktober 2022   19:35 Diperbarui: 27 Oktober 2022   19:46 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: desain Canva 

Masih semangat ngeblog kan? Hari ini tanggal 27 Oktober 2022 diperingati sebagai Hari Blogger Nasional dimana merupakan "hari raya"nya para blogger Indonesia. Saya sendiri juga baru tahu sejak tahun 2021 lalu kalau setiap tanggal 27 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Tentu bangga donk, karena saya merupakan bagian dari blogger Nasional itu. Hal ini dikarenakan (baru) 3 tahun saya aktif menulis di platform blogspot dan bersyukur masih konsisten sampai sekarang. Walaupun mempertahankan konsistensi itu sulit, namun tidak ada hal yang mustahil apabila saya bertekad untuk berusaha menulis walau hanya sekian ratus kata dalam satu hari.

Sebenarnya saya sudah banyak bercerita di beberapa artikel blog sebelumnya mengenai awal mulai saya ngeblog dan motivasi terjun sebagai blogger. Intinya adalah saya ingin menjadikan kegiatan ngeblog sebagai teman di hari tua kelak.

Awalnya iseng mencoba untuk menulis di status Facebook saya secara random. Kemudian saya mulai mencari di Instagram apakah ada komunitas menulis yang bisa menjadi wadah menyalurkan keinginan tersebut. Untungnya saya hidup di dunia yang serba modern dimana mendapatkan informasi apapun mudah sekali. Salah satunya mendapatkan informasi mengenai dunia kepenulisan.

Di media sosial, asalkan kita bisa selektif dalam memilih informasi positif maka Insha Allah akan dipertemukan dengan orang-orang baik yang memberikan informasi bermanfaat pula. Sama halnya ketika saya mencari informasi seputar dunia blogger, Alhamdulillah saya dipertemukan dengan orang-orang baik yang tidak pelit ilmu.

Menulis ternyata bukan bakat. Dulu saya anggap menulis adalah bakat dari lahir yang tidak bisa dipelajari. Akhirnya saya pesimis menyatakan diri tidak bisa menulis.

Sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk belajar menulis mulai dari status di media sosial. Kemudian dipertemukan dengan Komunitas ODOP (One Day One Post) dimana salah satu syarat untuk bisa diterima menjadi member adalah menulis secara nonstop selama kurang lebih 2 bulan di blog pribadi. Blog gratisan tak masalah yang penting menulis.

Niat saya waktu itu hanya bisa menulis, merangkai kata dengan baik agar bisa menarik untuk dibaca semua orang. Belum ada niat untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog. 

Akhirnya tibalah di tahun 2022 dimana sudah 3 tahun masih tetap konsisten menulis. Dan semoga terus konsisten sampai tua. Sebenarnya 3 tahun merupakan usia yang masih belia, kalau bayi walau sudah bisa berjalan, namun tak mau diam dalam beraktivitas. 

Selain memiliki blog pribadi, saya pun juga menulis di blog UGC seperti Kompasiana. Banyak tulisan member lain atau para Kompasioner yang bisa saya pelajari. Bagi saya, tak pernah ada kata berhenti belajar dalam menulis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun