Mohon tunggu...
Inovasi

Wah! Femina.co.id Ternyata Memenuhi 4 Karakteristik Media Baru Lho!

3 September 2018   23:38 Diperbarui: 12 September 2018   03:17 1044
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalian pasti sudah tau kan Majalah Femina? Yap, majalah yang terbit pada 18 September 1972 yang mempunyai slogan "suara anda berharga" ini merupakan majalah khusus perempuan yang terbit setiap  seminggu sekali. Majalah ini memiliki banyak topik didalamnya seperti lifestyle, fashion, selebritas, kuliner dan masih banyak lagi.

Pada era digital situs-situs dalam jaringan merupakan medium yang diganakan untuk mengolah dan memperoleh informasi. Medium berbasis dalam jaringan ini juga digunakan Majalah Femina dalam rangka mengeksiskan  majalahnya. Bergabung pada tahun 2012, Majalah Femina mulai menyajikan artikel-artikel darlam jaringan yang beralamatkan pada Femina.co.id.

Pada topik minggu lalu kita sudah membahas mengenai karakteristik media baru kan? Nah, ternyata Femina.co.id memilik 4 dari 6 karateristik media baru. Penasaran kan? Yuk! kita simak.

  1. Digital, seperti kita ketahui digital merupakan wujud baru dari sebuah media analog.   langkah Majalah Femina dalam membuat situs dalam jaringan merupakan usaha untuk menunjukkan aspek non-fisik majalah tersebut. Namun secara visual atau tampilan, situs dalam jaringan majalah tersebut tidaklah sama dengan tampilan majalah fisik dan isi antara kedua medium tersebut berbeda.

femina
femina
Segi visual majalah non-fisik tertata rapi dengan pengkategorian topik seperti,  home, feature, entertaiment dan lain-lain. Dalam pengkategorian tersebut Femina juga meletakkan sub-kategori seperti saat kita mengklik kategori feature maka kita aka disugguhkan beberapa sub-kategori seperti trending topic, career, money dan lainnya.

Aplikasi E-Magazine Femina
Aplikasi E-Magazine Femina
Tidak hanya itu, Majalah Femina juga memiliki e-magazine yang dapat diunduh melalui playstore dengan kata kunci "Femina Indonesia". Tampilan e-magazine tersebut sama dengan majalah fisik Femina, hanya saja medium yang digunakan berbasis aplikasi dalam jaringan.

2. Interaktif, unsur interaktif media baru dapat dilihat dari platform yang tersedia bagi khalayak untuk berinteraksi. Baik berinteraksi dengan admin situs tersebut maupun dengan orang lain yang juga mengunjungi situs tersebut. Majalah Femina menyediakan kolom komentar pada setiap artikel yang ada pada situs, namun intensitas yang ditunjukkan sangatlah sedikit atau bahkan dikatakan tidak ada. Pada beberapa artikel yang terbaru seperti pada kategori feature, sub-kategori trending topic mengenai Asian Games yang diperbaharui pada tanggal 3 September 2018 menunjukkan 0 komentar. Begitu pula pada artikel kategori  entertainment, sub-kategori celebrity mengenai  Dian Sastrowardoyo bercerita mengenai Lorjuk di Jakarta Eat Festival 2018, yang diunggah pada 1 September 2018 menunjukan 0 komentar.

Gambar Majalah Femina Online, https://www.femina.co.id/home/
Gambar Majalah Femina Online, https://www.femina.co.id/home/
Gambar Majalah Femina Online, https://www.femina.co.id/home/
Gambar Majalah Femina Online, https://www.femina.co.id/home/
Selain platform kolom komentar yang disediakan, pada kategori community kita akan menemukan sub-kategori Femina & Friends. Sub-kategori tersebut merupakan  sebuah grup yang berdiri sejak 2007 dan dapat ditemui di Yahoo, beralamatkan di Femina & Friends -- Komunitas Femina. 

Namun sayangnya grup tersebut saat ini tidak menu jukkan intensitas percakapan  dan aktivitas didalamnya selama 7 minggu dan jika dilihat dari data statistik menunjukkan pada bulan Mei hingga September, grup tersebut tidak memiliki aktivitas didalamnya. Intensitas grup yang menunjukkan intesitas tertinggi adalah pada tahun 2011.

Gambar Majalah Femina Online, https://www.femina.co.id/home/
Gambar Majalah Femina Online, https://www.femina.co.id/home/
Gambar Majalah Femina Online, https://www.femina.co.id/home/
Gambar Majalah Femina Online, https://www.femina.co.id/home/
3. Hypertextual, kata kunci atau pemintas dalam web merupakan contoh dari hypertextual yang mendukung pengaksesan lebih mudah dalam sebuah situs. Jika hypertextual diimplementasikan pada situs Femina, maka hal tersebut dapat dilihat ketersediaan hastag pada bawah artikel yang memudahkan kita untuk melihat artikel yang kita inginkan maupun memiliki kesamaan topik.

hypextextual-5b8d5cb8ab12ae66602ce734.png
hypextextual-5b8d5cb8ab12ae66602ce734.png
4.Networked, aspek media ini berkaitan dengan pemanfaatan media baru sebagai jaringan tanpa batas bagi penggunanya. Dalam hal ini Femina.co.id telah mengimplementasikan hal tersebut dengan fitur sharing artikel yang dapat disebarluaskan melalui facebook, twitter, google plus, dan masih banyak lagi.

sharing-femina-5b8d601012ae94413d67b64a.png
sharing-femina-5b8d601012ae94413d67b64a.png
5.Virtual,  dalam hal ini virtual diartikan realitas virtual yang dibentuk sedemikian rupa dalam banyak aplikasi seperti games 3D dan simulasi dalam pilot. Namun dalam situs Femina.co.id hal tersebut tidak diimplementasikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun