Mohon tunggu...
Maria Ayu
Maria Ayu Mohon Tunggu... Seniman

Jadilah diri sendiri! Menulis bagian dari belajar tentang kehidupan. Art : Dancing, Photography, Theater. Email : ayudivayulita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

"Bunga untuk Pejuang", Amanat untuk Memuliakan Para Pahlawan

9 November 2020   09:12 Diperbarui: 10 November 2020   12:45 850 34 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Bunga untuk Pejuang", Amanat untuk Memuliakan Para Pahlawan
Ilustrasi dari www.pixabay.com

Ketika tetesan darah mengalir demi merdekanya bangsa, namun kadang kala dilupakan. Lalu, bagaimana kita menghormati pahlawan kita?

Ketika kepalan sang Pahlawan tak kau hiraukan. Lalu dengan apa wujud cintamu terhadap Indonesia?

Rasa nasionalisme perlu kita pertahankan hingga sekarang. Generasi penerus bangsa ada di tangan kaum anak muda. Pertanyaan yang selalu terlintas dibenak saya sampai sekarang, bagaimanakah nasib tanah air tercinta ini di masa depan? Apakah ini yang dinamakan merdeka?.

Keprihatinan saya terhadap arus perkembangan zaman terkait segala aspek kehidupan masyarakat yang begitu cepat membuat hati saya ciut akan terkikisnya nilai-nilai nasionalisme ditangan generasi penerus bangsa. Bagaimana tidak? Tanpa kita sadari, kita terlalu larut mengarungi hal-hal yang bersifat up to date, modern, dan sebagainya.

Disitulah letak keluputan kita. Pertanyaan selanjutnya, dimanakah letak kesenangan kita untuk bertamasya? Kegemaran kita saat bertamasya tidak lagi mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti museum, candi, dan sebagainya. Apalagi berziarah ke makam untuk menengok para pahlawan kita.

Ini juga terjadi kepada diri saya, mungkin juga bagi Anda. Kita lebih senang mengunjungi tempat-tempat seperti caf, mall, bioskop dan sebagainya ketika berjalan dengan teman-teman, liburan bersama keluarga. Tempat-tempat  itu selalu menjadi pilihan terfavorit sehingga membludak seperti lautan manusia.

Bahkan mungkin di antara kita banyak yang mengabaikan tanggal-tanggal peringatan hari besar Nasionalisme bumi pertiwi kita. Sebentar lagi, tepat tanggal 10 November kita memperingati hari Pahlawan. Apakah yang akan kita lakukan ketika terjadi peringatan hari Pahlawan di tahun 2020 ini? Atau justru kita akan melewati tanggal tersebut begitu saja?

Saya menemukan film pendek berdurasi tiga menit lima belas detik yang rilis pada tahun 2020. Film tersebut saya temukan dari YouTube Channel Kamarkecil Studio dengan judul "Bunga untuk Pejuang". Film tersebut mendapatkan penghargaan sebagai Skenario Terbaik Film Pendek Nasionalisme PFN tahun 2020 (Aninda,2020).

Tangkapan Layar dari Channel YouTube Kamarkecil Studio
Tangkapan Layar dari Channel YouTube Kamarkecil Studio

Film tersebut diperankan oleh Lasiman dan disutradari M. Rizal Hanun. Waktu yang sangat singkat, namun ketika saya menonton film tersebut saya begitu menikmatinya sehingga dapat mengetuk hati saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN