Mohon tunggu...
Maria Ulfa
Maria Ulfa Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Keagamaan, Ekonomi Syariah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peningkatan Literasi Ekonomi Syariah pada Gen Z Melalui Video Animasi

24 November 2022   17:10 Diperbarui: 24 November 2022   17:17 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Dosen Universitas Pamulang Prodi Ekonomi Syariah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul “Peningkatan  Literasi Ekonomi Syariah Pada Gen Z Melalui Video Animasi di Yayasan Tahfidzul Qur’an Ar-Rahmani.”.

PKM ini diselenggarakan di Yayasan Tahfidzul Qur’an Ar-Rahmani yang beralamat di Jl. Ikhsan No.8, RT.2/RW.7, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 30 santri yang berusia sekitar 15-18 tahun.

Peningkatan  Literasi Ekonomi Syariah Pada Gen Z Melalui Video Animasi merupakan topik yang ambil oleh Dosen Ekonomi Syariah pada PKM kali ini, kajian tentang tingkat literasi ekonomi telah dilakukan dan dibuktikan dengan survei yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2013, hanya 21,84 persen penduduk Indonesia yang berusia di atas 17 tahun yang melek finansial. 

Tingkat penggunaan jasa keuangan formal hanya 59,74%. Menurut survei Bank Dunia, Indonesia merupakan negara ketiga yang memiliki tingkat literasi keuangan terlemah setelah India dan China dari seluruh negara di dunia.

Gen Z (anak yang lahir antara tahun 1995 sampai 2010) adalah merupakan generasi digital, karena lahir pada zaman milenial. Seperti yang diungkapkan oleh Fitri Sagantha S.E.Sy.,M.E bahwa diantara karakteristik Gen Z yaitu kehidupan sosialnya lebih banyak dihabiskan dengan memanfaatkan dunia maya, multitasking, ingin mendapatkan pengakuan, memiliki ambisi yang besar dan menyukai kampanye kekinian.

Maria Ulfa, Lc., M.Ag menambahkan bahwa generasi Gen Z memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihan dari Gen Z adalah intelektual yang baik, terbuka terhadap sesuatu, medapatkan informasi yang lebih banyak, memiliki motivasi tinggi terhadap sesuatu, dan dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu. Sedangkan kekurangannya adalah individualistis, tidak focus, selalu ingin instan, kurang menghargai proses, dan memiliki emosi yang labil.

Literasi erat kaitannya dengan kemahirwacanaan, literasi secara luas dimaknai sebagai kemampuan berbahasa yang mencakup kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis, serta kemampuan berpikir yang menjadi elemen yang ada didalamnya. 

Literasi secara factual dapat dimaknai sebagai sebuah pemahaman yang akan mempengaruhi cara berpikir atau mindset seseorang. Secara khusus dalam konteks ilmu ekonomi, literasi akan mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan barang atau jasa mana yang akan dibeli untuk memenuhi kebutuhannya.

Fitri Sagantha S.E.Sy.,M.E memaparkan alasan mengapa generasi Gen Z memilih produk syariah, yaitu karena kesadaran setiap manusia akan eksistensinya sebagai makhluk ciptaan Allah maka harus selalu jaga kontak kepadanya, sehingga selalu berpijak pada nilai-nilai ruhiyah. Memiliki pemahaman terhadap bisnis yang halal dan haram. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun