Mohon tunggu...
Marfuatul Khasanah
Marfuatul Khasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sebelas Maret

Salah satu Mahasiswa Universitas Sebelas Maret dengan Program Studi PGSD. Memiliki ketertarikan di dunia pendidikan, memiliki hobi bermain badminton.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kampus Mengajar 5: Belajar Literasi dan Numerasi Menyenangkan di SD Negeri Kaliwatu

20 Juli 2023   12:49 Diperbarui: 20 Juli 2023   12:53 539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampus Mengajar merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas.
Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah.

Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan minat , semangat, dan keinginan mahasiswa. Selain itu, mahasiswa diharapkan menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk memperluas cita-cita serta wawasan mereka.

Pada kesempatan ini, saya diberi kesempatan menjadi bagian dari program tersebut. Saya bersama dengan 2 rekan saya dari Universitas Muhammadiyah Purworejo di tempatkan di salah satu SD Negeri yang ada di Kabupaten Purworejo, yaitu SD Negeri Kaliwatu yang beralamat di Kaliwatubumi RT 01 RW I, Kec. Butuh, Kab. Purworejo Prov. Jawa Tengah. Dalam pelaksanaannya kami membuat beberapa program kerja yang Alhamdulillahnya terlaksana semua, walaupun ada beberapa program kerja yang belum maksimal dalam pelaksanaannya. Program kerjanya sebagai berikut :

  • Kegiatan Literasi

1. Perpustakaan

Sasaran dari program ini adalah semua warga sekolah, baik itu siswa, guru maupun staff. Perpustakaan dibuka kembali yang sebelumnya tidak pernnah dibuka dan difungsikan. Kegiatan ini dilakukan selama siswa memiliki waktu senggang di sela-sela pembelajaran atau bahkan sewaktu pembelajaran guru mengajak siswa untuk belajar menggunakan sumber buku yang ada di perpustakaan sesuai dengan minat dan materi pembelajaran pada saat itu. Siswa dianjurkan untuk membaca buku/meminjam buku di perpustakaan. Tujuannya yaitu agar perpustakaan kembali berfungsi dan siswa dapat menambah ilmu yang mereka minati.

2. Pojok Baca

Ruang Kelas 2 (Dokpri)
Ruang Kelas 2 (Dokpri)

Dalam kegiatan ini kami memfokuskan kepada kelas rendah yaitu kelas 1 -- 3. Berhubung kelas rendah belum ada pojok baca, maka kami membuat pojok baca dengan mengambil buku-buku yang ada di perpustakaan untuk diletakkan di pojok baca kelas. Dalam hal ini, untuk memotivasi mereka, kami juga membuat presensi keaktifan baca setiap kelas dengan stik es krim yang dihiasi dengan foto dari siswa di kelas tersebut. Kegiatan ini dilakukan di sela-sela waktu mereka dan diawal sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu, pojok baca dihiasi dengan gambar-gambar yang menarik.

3. Alat Peraga Literasi Spin Huruf


Ruang Komputer (Dokpri)
Ruang Komputer (Dokpri)
Program ini dilaksanakan untuk membantu siswa kelas I memudahkan dalam belajar membaca dan belajar membaca dengan menyenangkan. Siswa akan menyepin huruf konsonan yang ada kemudian menempelkan salah satu huruf vokal di tanda panah, kemudian membacanya (suku kata). Sedangkan untuk kelas tinggi dapat menggunakan spin huruf untuk main tebak-tebakan seperti ABC 5 dasar.

4. Sahabat Pena

Ruang Kelas 3 (Dokpri)
Ruang Kelas 3 (Dokpri)
Program ini dilakukan dengan SD Negeri Seboropasar Kecamatan Ngombol, dibuat untuk menambah teman antar SD.  Siswa menulis surat dengan menceritakan pengalamannya kemudian dikirimkan ke SD Negeri Seboro. Kemudian dapat dibalas kembali setelah mendapat jawaban. Hal ini dapat menambah kreatifitas siswa dalam menuliskan pengalamannya dan dapat memperbaiki kosa kata siswa.  Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III.

5. Majalah Dinding "Pohon Cita-Cita"

Pohon Cita-Cita (Dokpri)
Pohon Cita-Cita (Dokpri)

Program ini dilakukan dengan membuat Mading Pohon Cita-cita, dimana mahasiswa membuat batang pohon kemudian siswa menempel daun-daun yang berisikan cita-cita mereka. Tujuannya agar siswa selalu ingat dan termotivasi untuk meraih cita-citanya sehingga dapat belajar dengan giat.

6. Literasi Bahasa Jawa

Ruang Kelas 5 (Dokpri)
Ruang Kelas 5 (Dokpri)
Program ini dilakukan pada waktu pembelajaran Bahasa Jawa dan di sela-sela jam kosong siswa. Kegiatan literasi Bahasa Jawa dilakukan dengan menggambar wayang, menulis dan membaca aksara jawa, belajar bahasa krama untuk percakapan sehari-hari.
  • Kegiatan Numerasi

1. Alat Peraga Jarimatika

Ruang Kelas 2 (Dokpri)
Ruang Kelas 2 (Dokpri)
Pembelajaran numerasi menggunakan alat peraga yang kami buat untuk mempermudah siswa dalam menunjukkan lipatan jari. Alat peraga juga menjasi bahan permainan siswa untuk berkesperimen menggunakan replika telapak tangan yang membuat siswa menjadi senang dan semangan untuk belajar perkalian 6 -- 9.

2. Pembelajaran Numerasi dengan Ular Tangga

Ruang Kegiatan (Dokpri)
Ruang Kegiatan (Dokpri)
Pembelajaran numerasi menggunakan media ular tangga yang dibuat dengan kertas banner dan dibuat semirip mungkin dengan permainan ular tangga yang di cetak besar agar siswa lebih puas memainkannya. Hal ini dapat membuat siswa tidak jenuh karena bermain sambil belajar.

3. Numerasi is Fun

Pembelajaran Numerasi dengan Permainan Suit (Dokpri)
Pembelajaran Numerasi dengan Permainan Suit (Dokpri)
Program ini dilaksanakan di kelas I. Dimana pada saat sebelum masuk kelas, siswa baris menjadi 2 bagian, kemudian siswa suit berlomba menjumlahkan/mengurangkan hasil suit jari mereka. Program ini tidak hanya dengan permainan tersebut, masih banyak seperti ice breaking tepuk-tepuk yang melibatkan pertanyaan-pertanyaan numerasi.
  • Kegiatan Adaptasi Teknologi

1. Pengenalan Microsoft Word

Ruang Kegiatan (Dokpri)
Ruang Kegiatan (Dokpri)
Program ini mengenalkan siswa kelas VI mengenai aplikasi microsoft word dasar seperti pengenalan tools dan pengetikan kata per kata. Tujuannya agar siswa dapat memiliki ketertarikan dan belajar lebih mengenai aplikasi yang bermanfaat untuk pendidikan kedepannya.

2. Pembelajaran dengan Media Video

Ruang Kelas 4 (Dokpri)
Ruang Kelas 4 (Dokpri)
Program ini menggunakan video pembelajaran supaya siswa tidak jenuh dan paham mengenai pelajaran yang sedang berlangsung. Tujuannya untuk melatih pemahaman siswa melalui visualisasi pembelajaran.

3. Pembelajaran dengan Media Elektronik Game Numerasi

Kelas Tambahan Menghitung untuk Kelas 1 dengan Game Numerasi  (Dokpri)
Kelas Tambahan Menghitung untuk Kelas 1 dengan Game Numerasi  (Dokpri)
Program ini menggunakan game numerasi yang ada pada smartphone untuk belajar siswa khususnya kelas rendah dalam numerasi, kegiatan ini sangat menyenangkan dan membuat siswa lebih semangat serta tertarik untuk belajar.
  • Kegiatan Administrasi

1. Administrasi Sekolah

Penulisan Raport Siswa di Buku Induk Siswa Sekolah (Dokpri)
Penulisan Raport Siswa di Buku Induk Siswa Sekolah (Dokpri)

Program ini dilakukan untuk membantu sekolah mengarsipkan hasil belajar siswa sebagai bukti bahwa siswa tersebut pernah belajar di SD tersebut dan sebagai acuan guru untuk melihat perkembangan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

2. Administrasi Kelas

Pengoreksian dan Penilaian Tugas serta Hasil STS/PTS/SAS/PAS Siswa (Dokpri)
Pengoreksian dan Penilaian Tugas serta Hasil STS/PTS/SAS/PAS Siswa (Dokpri)

Program ini dilakukan untuk membantu guru dalam pengkoreksian dan penilaian agar dapat diolah nantinya untuk keperluan raport siswa. Kemudian hasil dari penilaian di masukkan dalam Ms. Excel untuk mempermudah guru dalam mengolahnya.

Input Data Siswa untuk Persyaratan PPDB (Dokpri)
Input Data Siswa untuk Persyaratan PPDB (Dokpri)

Program ini dilakukan untuk membantu guru dalam menyiapkan persiapan persyaratan siswa kelas VI untuk mendaftar ke jenjang berikutnya.

Kegiatan Lainnya

1. P5/PMM/Aksi Nyata

Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana (Dokpri)
Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana (Dokpri)

Program ini dilakukan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka di bidang non akademik dan lebih ke penerapan sehari-hari menerapkan dan memanfaatkan potensi lokal yang ada. Kegiatan ini dilakukan dengan pembuatan jus buah, sandwich, telur asin, permen susu, pembuatan hidroponik sederhana dan masih banyak lagi.

2. AKM Kelas

Kegiatan Post Test AKM (Dokpri)
Kegiatan Post Test AKM (Dokpri)

Pelaksanaan AKM Kelas dilakukan oleh 18 siswa kelas V menggunakan laptop/chrome book milik mahasiswa dan sekolah. AKM Kelas berkolaborasi dengan guru pamong, wali kelas, dan proktor sekolah. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengukur seberapa  efektif keberjalanan sebelum dan sesudah program peningkatan literasi dan numerasi  yang sudah dilaksanakan.

3. Kelas Tambahan Calistung Kelas I

Pembelajaran Numerasi dengan Kreasi Stik Es Krim (Dokpri)
Pembelajaran Numerasi dengan Kreasi Stik Es Krim (Dokpri)

Pembelajaran numerasi menggunakan media stik es krim yang dikreasikan ditempeli gambar kepala hewan yang nantinya dapat menjadi media konkret membantu siswa dalam berhitung.

Pembelajaran Literasi menggunakan Media Puzzle (Dokpri)
Pembelajaran Literasi menggunakan Media Puzzle (Dokpri)

Program ini dilaksanakan untuk membantu siswa kelas I memudahkan dalam membaca dan belajar membaca dengan menyenangkan. Siswa diminta menyusun puzzle yang terbuat dari stik es krim yang sudah diberi gambar hewan/buah/bunga.

4. Kelas Tambahan AKM Kelas untuk Kelas IV dan V

Kelas tambahan di Kelas V (Dokpri)
Kelas tambahan di Kelas V (Dokpri)

Pembelajaran tambahan literasi dan numerasi untuk mempersiapkan AKM kelas untuk kelas 5 dan 4. Dengan memberikan beberapa latihan soal AKM yang sudah kami buat. Dan menggunakan metode permainan dan LKS yang menarik agar siswa tidak jenuh sehingga dapat meningkatkan siswa dalam belajar.

5. Jum'at Sehat dan Bersih

Jum'at Sehat (Senam Pagi Bersama) (Dokpri)
Jum'at Sehat (Senam Pagi Bersama) (Dokpri)

Kegiatan minggu bersih dilakukan setiap minggu ke-1 dan ke-3 di bulan tersebut. Sedangkan minggu sehat dilakukan setiap minggu ke-2 dan ke-4 bulan tersebut. Kegiatan yang biasa dilakukan yaitu membersihkan lingkungan sekolah, menyapu, mengepel, menyabut rumput liar, menanam tanaman, senam serta sesekali jalan-jalan bersama.

6. Cooking Class

Memasak Nasi Goreng (Dokpri)
Memasak Nasi Goreng (Dokpri)

Program ini dilakukan di kelas 6 pada akhir semester 2 untuk melatih keterampilan siswa dalam memasak, baik dalam rasa, menu dan tampilan.

7. Class Meeting

Lomba Paduan Suara Antar Kelas (Dokpri)
Lomba Paduan Suara Antar Kelas (Dokpri)

Program ini dilakukan untuk mengobati kejenuhan siswa setelah dilakukannya tes penilaian di tengah dan akhir semester. Selain itu juga sebagai ajang pencarian bibit unggul siswa SD untuk lomba. Meningkatkan kekompakan siswa, kreativitas siswa dan minat bakat siswa di bidang non akademik.

8. Ektrakurikuler Badminton

Lapangan SD Negeri Kaliwatu (Dokpri)
Lapangan SD Negeri Kaliwatu (Dokpri)
Program ini dilakukan sebagai wadah penyaluran bakat siswa di salah satu bidang olahraga yaitu bulu tangkis/badminton. Tujuan dari program ini juga dapat melihat bibit atlet badminton di SD Negeri Kaliwatu untuk keperluan popda nantinya.

Itu beberapa program yang telah dilaksanakan pada program Kampus Mengajar 5 di SD Negeri Kaliwatu. Kami mendapat banyak pengalaman dan pembelajaran menarik. Sekian dan terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun