Mohon tunggu...
Mardi Sirait
Mardi Sirait Mohon Tunggu... Administer Social Justice

Menulis adalah pengabdian bagi keabadian dan bagi kebenaran. -Pramodya Ananta Toer-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tempatkan Impianmu Setinggi Langit

2 Oktober 2020   11:31 Diperbarui: 2 Oktober 2020   11:36 32 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tempatkan Impianmu Setinggi Langit
Sumber foto: Buku Sukarno Di Bawah Bendera Revolusi

Dalam hal impian yang tinggi, Sukarno berkata: "Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

Jika saya ditanya tentang "Apa impian dan cita-cita yang sedang saya gantungkan?", saya akan menjawab: "Saya mengimpikan dan mencita-citakan menjadi wakil rakyat atau pejabat publik yang "mengadministrasi keadilan sosial" bagi orang banyak di negara ini."

Jika ada yang bertanya dalam hati, "Itu bukan-nya kepedean/terlalu percaya diri?", saya jawab sederhana aja, "lah, kan namanya juga impian dan cita-cita, Hhe".

Kalau jadi menteri, saya memilih kementrian sosial, untuk menguras otak mengupayakan sistem jaminan sosial dan kesejahteraan. Atau, menteri luar negeri, karena saya cukup senang mengikuti perkembangan pemerintahan setiap bangsa-bangsa. Mempelajari sejarah, filsafat, politik dan perkembangan kemajuan di tengah dunia.

Cita-cita di atas, sudah di langit tertinggi. Jika diturunkan sedikit, yaa bisa memulai jadi wakil rakyat dan pelayan masyarakat di daerah. Itu tujuan yang sedang saya pikirkan langkah dan strategi-nya.

Dalam buku AHOK "Mengubah Indonesia" menjelaskan dengan memulai dari "show case"/panggung yang kecil, jadi anggota DPRD. Untuk mempertontonkan rekam jejak yang Bersih Transparan Profesional, punya hati melayani rakyat, menolong yang susah dan miskin.

Nah, semua bebas untuk bermimpi sebaik-baiknya, setinggi-tingginya untuk kebergunaan dan kemajuan di tengah orang banyak. Jika impian dan cita-cita itu tidak kesampaian di langit tertinggi, setidaknya kita masi jatuh di antara bintang-bintang itu, yang bercahaya menuntun orang kepada kebenaran yang tetap untuk selamanya.

Kita bebas memiliki impian dan cita-cita kedepan, untuk itulah kita mengupayakannya dalam mengajar kebenaran, mendidik rakyat, menggerakkan. Menyusun konsep, mendaratkan ide pada langkah kedepan.

Bagaimana dengan kamu, apa impian/cita-cita yang kamu gantungkan di langit tertinggi itu?

Tetap "OPTIMIS" akan "HARI DEPAN", teman-teman.

Memikirkan langkah dan strategi yang fundamental menjadi langkah selanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN