Mohon tunggu...
Humaniora Pilihan

Peran BK dalam Dunia Pendidikan

16 Februari 2018   08:37 Diperbarui: 16 Februari 2018   08:46 3040
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foot: yayasan-bppi.or.id

Peranan bimbingan konseling untuk mencerdaskan siswa, kepribadian yang baik dan juga kepribadian yang mandiri, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab di dalam jiwa siswa. Di sinilah pendidikan tidak hanya berperan untuk memahami teori saja, namun bimbingan konseling juga harus mampu membuat dirinya berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. 

Seperti menurut Moegiadi (1970) bimbingan berarti suatu proses pemberian bantuan atau pertolongan kepada individu dalam hal, memahami diri sendiri, menghubungkan pemahaman tentang dirinya sendiri dengan lingkungan, memilih, menentukan dan menyusun rencana sesuai dengan konsep dirinya sendiri dan tuntutan dari lingkungan (Winkel & Sri Hastuti 2007:29)

Karena tempat paling memegang peran dalam tata tertib sekolah sebagian besar di laksanakan oleh BK seperti menghukum para siswa yang tidak mengenakan baju tidak sesuai aturan, sepatu yang berwarna warni, yang pada intinya BK berperan untuk mengontrol sikap siswa yang menyeleweng dari aturan-aturan sekolah.

Dan peran BK lainnya adalah untuk menyelesaikan berbagai masalah yang di hadapi oleh para siswa seperti permasalahan ini yang sangat umumnya untuk siswa yang sulit untuk menerima suasa baru dalam sekolah. Dan juga ada yang mendapatkan gangguan dari temannya. Bila hal ini diteruskan tanpa adanya bantuan dari pihak yang seharusnya maka siswa tersebut bisa terkena deperesi karena tekanan dari gangguan yang disebutkan tadi. 

Dari sini peran BK dimulai seperti mengajak nya mengobrol ringan layak nya teman bisa, disinilah BK harus berperan penting dan bisa berbaur dengan siswa, dan harus bisa mengambil hati siswa supaya dia mau menceritakan masalah yang di alaminya. Bila sudah mendapatkan penjelasan dari siswa yang bermasalah, guru BK harus segera menemukan titik dari permasalah tersebut dan titik penyelesaiannya. 

Ada hal yang harus di Perhatikan saat menangani siswa yang bermasalah ini yaitu harus menjaga RAHASIA antara guru dan murid yang bersangkutan karena untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Jadi kegiatan bimbingan konseling berbeda dengan kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan bimbingan konseling ini bersifat individu dan bagaimana cara untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dimiliki oleh siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun